Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

WCP Series Teknik Elektro Umsida Kupas Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Internasional

WCP Series Teknik Elektro Umsida Kupas Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Internasional

Umsida.ac.id – Series terakhir dalam lanjutan kegiatan World Class Professor (WCP) Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bertempat di Hotel Aston Sidoarjo pada Rabu, (14/09).

Acara ini ditutup dengan workshop “Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Berputasi”.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Elektro Dr Izza Anshory MT berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan kemajuan dosen Umsida. “Dekan Fakultas Saintek Umsida juga berpesan apabila beliau masih ingin terus belajar untuk bisa membuat karya ilmiah yang lebih baik lagi melalui kegiatan ini,” kata dia.

Menghadirkan dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof Dr Ir Supriyanto ST M Sc IPM sebagai narasumber, pada materinya disampaikan terkait bagaimana cara memilah jurnal internasional yang relevan, dan bagaimana cara memahami bentuk artikel yang akan dibuat. “Yang paling utama ialah harus bisa memahami kebutuhan pembaca,” tuturnya.

Pada sesi ini juga mendatangkan pembicara internasional, Prof Dr Dato’ Kamaruzzaman Sopian yang mengawali materinya dengan memberikan motivasi, tentang beberapa peneliti yang mendapat Nobel Awards atas penelitiannya.

Pengelolaan data yang baik, lanjutnya, harus tahu bagaimana menempatkan grammar yang tepat. Editor El Sevier itu juga memberi motivasi dalam menulis artikel ilmiah yaitu, “Write Short, Clear, Complete Articles“.

Sementara, narasumber selanjutnya, Herlambang Setiadi ST M Sc PhD, membagikan materi terkait case study berjudul “Enabling Resilient Wide-area POD at BEES in Java Indonesia 500kV Power Grid” yang pernah ia lakukan.

Penulis : Rani Syahda Hanifa

Editor : Alfaro Mohammad Recoba

*Humas Umsida