Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

LPPM UNIMED Gelar Seminar Tingkatkan Kreatifitas Masyarakat pada masa Endemi Covid-19 Lewat PKM

LPPM UNIMED Gelar Seminar Tingkatkan Kreatifitas Masyarakat pada masa Endemi Covid-19 Lewat PKM

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan menyelenggarakan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2022 dengan tema “Memacu Motivasi dan Kreatifitas Masyarakat Pada Masa Transisi Melalui Program Kemitraan Masyarakat Perguruan Tinggi”. Yang diadakan secara daring melalui zoom dan dihadari ratusan peserta yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa, pada Rabu (14/9).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Ketua Senat Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dan Ketua LPPM Universitas Negeri Malang Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si. Turut diharidi juga oleh Rektor Universitas Negeri Medan Dr. Syamsul Gultom, S.KM., M.Kes, Wakil Rektor I, II, III, dan IV, Ketua LPPM Unimed, seluruh fungsionaris di lingkungan Unimed, para dosen dan mahasiswa.

Ketua Panitia Dr. Aman Simaremare,MS menyampaikan seminar nasional kali ini diikuti 400an orang peserta yang berasal dari berbagai daerah. Tujuan kegiatan ini, selain mendorong para dosen untuk terus meningkatkan kreasi dan motivasi untuk melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, juga memberikan wadah untuk mendesiminasikan hasil kegiatan pengabdian yang sudah dilaksanakan agar dapat dibuat dalam paper ilmiah yang akan dipublikasikan pada prosiding terindeks dan jurnal ilmiah yang bereputasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Medan Dr. Syamsul Gultom, S.KM., M.Kes, mengatakan Seminar Nasional ini sangat bagus dan penting kita ikuti bersama, karena menjadi harapan penting bagi kita seluruh pimpinan untuk meningkatkan capaian dan target dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Saya berharap Bapak Ibu dosen bisa lebih fokus dan merencanakan secara matang, agar produk pengabdian kepada masyarakat yang sedang dikerjakan dapat diupayakan secara maksimal untuk diterbitkan pada jurnal dan prosiding bereputasi. Jika kita fokus dan terus bekerjasama, saya yakin harapan kita ini bisa kita capai secara maksimal. Saya juga berharap, LPPM dapat membantu untuk menjembatani para dosen pemenang hibah pengabdian untuk mencapai luaran yang diminta sesuai kontrak pengabdian kepada masyarakat.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengatakan dampak covid-19 pada motivasi, kreativitas dan partisipasi sehingga algoritma penelitian kita berubah, memberdayakan masyarakat yang sekarang masyarakat itu dalam kondisi lemah baik ekonomi, kemampuan, skill, pendapatan. Itu semua harusnya menjadi paradigma penelitian kita untuk fokus pada masalah-masalah yang ditimbulkan. Itulah yang menjadi fokus kita bagaimana memberdayakan masyarakat sehingga pendapatan mereka meningkat. Dan juga perlu memperhatikan norma-norma yang berlaku di lingkungan sekitar masyarakat misalnya dalam aspek kesehatan, aspek ekonomi, pendidikan, keagamaan, pangan, dan kehidupan sosial. Fokus pada kegiatan yang dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi masyarakat dalam hal kualitas hidup (ekonomi, Sosial, politik, dan budaya).

Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si. dalam materinya mengatakan motivasi dan kreativitas pada masa transisi melalui program kemitraan masyarakat perguruan tinggi mengacu pada beberapa komponen diantaranya jaringan, tujuan, permasalahan, mitra, kebutuhan, dan produk tekno atau kebijakan. masyarakat pada masa transisi menuju endemi new normal yang menuntut perubahan manusia pada pemangku kepentingan pendidikan nantinya pasti akan semakin banyak tantangan kemanusiaan pasca covid-19 ini.(Humas Unimed/dv)