Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Seminar Nasional Pascasarjana dan Stadium General, Bahas Tingkatkan SDM

Seminar Nasional Pascasarjana dan Stadium General, Bahas Tingkatkan SDM

Pascasarjana Sekolah Tinggi ilmu Administrasi (STIA Banten) menggelar Seminar Nasional Pascasarjana dan Stadium General.Seminar Nasional tersebut dengan tema ‘Akuntabilitas Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia di Provinsi Banten Yang Berdaya Saing’.Kegiatan tersebut bertepatan digelar di Hotel S’Rizky Pandeglang. Turut hadir dalam acara tersebut Pembina dan Pengurus Yayasan Kemandirian Banten, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten Dr. Pryo Handoko, MM, Wakil Ketua I, II, dan III STIA Banten.
Dalam acara Seminar Nasional tersebut sebagai pemateri turut hadir Ketua VI BPK RI, Dr. Pius Lustrialanang, S.IP., M.Si., CSFA, CfrA, kemudian Akademisi sekaligus Wakil Rektor I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dr. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si serta tamu undangan yang hadir.Dosen Kampus STIA Banten, Arif Nugroho mengatakan, bahwa kegiatan Seminar Nasional Pascasarjana dan Stadium General tersebut merupakan salah satu sebagai mewujudkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) selain itu meningkatkan kinerjanya.”Tema kita akuntabilitas pelayanan Publik untuk mewujudkan sumber daya manusia, bicara akuntabel itukan bagaimana realisasi anggaranya dan kinerjanya makanya kita hari ini datangkan dari BPK langsung, karena BPK memiliki ruang lingkup audit serapan anggaran termasuk audit kinerja,” katanya kepada media, Sabtu (27/8/2022).


Ia melanjutkan, pihaknya memiliki tujuan pertamanya sebagai tugas pendidikan untuk menjadi sebuah agen perubahan, maka dari itu pihaknya melakukan pertemuan akademis melalui Seminar Nasional tersebut.”Point acara ini sebagai bentuk ikhtiar, yang dilakukan lembaga pendidikan, menggelar forum ilmiah mengangkat suatu topik yang akarnya dari sebuah masalah kita mencari pembicaraan kompeten, kita berdiskusi sehingga kita menghasilkan pemikiran rekomendasi itu menyelesaikan suatu masalah, dalam jangka panjang yaitu program studi konsep yang kita bahas pada kali ini,” ujarnya.
Sementara Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten, Dr. Pryo Handoko, MM mengungkapkan, Pascasarjana ini merupakan kelas pertama di STIA Banten. Dengan menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sehingga khusunya Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa mengetahui.
“Apa yang menjadi pemikiran masyarakat tentang akuntabilitas itu bisa didapatkan secara langsung, karena yang kita ketahui BPK untuk melihat audit karena pemerintahan larinya ke BPK,” ungkapnya.
“Dengan menggandeng BPK khususnya ASN tau sehingga harapan tujuan bisa itu bisa tercapai, jadi acara ini bisa menyampaikan suatu masalah sehingga menghasilkan sebuah solusi,” sambungnya.

Editor : Iskandar Nasution