Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

Dua Mahasiswa UAD Siap Kuliah di Eropa

Dua Mahasiswa UAD Siap Kuliah di Eropa

Pelepasan Mahasiswa Program IISMA dan ICT Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: KKUI UAD)

Pada Sabtu, 10-09-2022, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pembekalan dan pelepasan untuk mahasiswanya yang berhasil lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Dua mahasiswa, yaitu Annisa Inas Ghaida Widadsari (Sastra Inggris) dan Maulidya Ika (Sistem Informasi), sukses menembus ketatnya persaingan IISMA dan akan belajar di Eropa selama satu semester.

Sebagai salah satu flagship Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), IISMA memberikan kesempatan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk bisa merasakan pembelajaran di universitas ternama dunia dengan beasiswa penuh. Untuk mahasiswa UAD sendiri, Inas akan berangkat ke University of Pécs, Hungaria, dan Ika berhasil lolos di Sapienza University of Rome, Italia.

Turut hadir dalam acara pelepasan ini yaitu Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Akademik UAD), Dwi Santoso, Ph.D. (Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional UAD), Ida Puspita, M.A., Res. (Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri UAD), serta dekan dan Kepala Program Studi terkait. Diketahui bahwa sebelum mengikuti pembekalan dari kampus, Inas dan Ika telah lebih dulu mengikuti kegiatan Pre-Departure Briefing dari Kemendikbudristek dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di negara tujuan.

Sesi pembekalan diisi dengan pengarahan dari prodi masing-masing, materi tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang disampaikan oleh Drs. H. Anhar Ansyory, M.Si., Ph.D. selaku Ketua Lembaga Pusat Studi Islam (LPSI) UAD, pembekalan psikologi oleh Rudi Yuniawati, M.Psi., serta pembekalan administrasi dan wawasan internasional dari Ida Puspita, M.A., Res.

Rusydi Umar berpesan kepada mahasiswa agar berusaha sebaik mungkin untuk menjadi duta bagi UAD dan Muhammadiyah. “Belajar di Eropa merupakan sebuah kesempatan emas. Di samping belajar akademik, mahasiswa juga akan belajar tentang budaya dan kehidupan di negara tersebut,” terangnya. Ia juga menambahkan bahwa semoga jumlah mahasiswa UAD yang lolos IISMA akan makin meningkat di tahun-tahun berikutnya. (tsa)

uad.ac.id