Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Bertukar Ragam Ide dan Inovasi Pendidikan Melalui Konferensi Internasional ICLIRBE 2022

Bertukar Ragam Ide dan Inovasi Pendidikan Melalui Konferensi Internasional ICLIRBE 2022
image_pdf

Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan International Conference on Learning Innovation and Research Basic Education (ICLIRBE) pada tanggal 3-4 September 2022. Konferensi internasional bertajuk “Transformation and Innovation for Basic Education in New Normal” ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

ICLIRBE menghadirkan 7 keynote speaker yang luar biasa yaitu Adrian Rodgers dari Ohio State University USA, Eric Chi Keung Cheng dari University of Hong Kong Hongkong, Nina Hood dari University of Auckland New Zealand, Willy A. Renandya dari National Institute of Education Singapore, Peter Waterworth dari Surindra Rajabhat University Thailand, Lia Yulianti dari Universitas Negeri Malang, dan Syamsul Hadi dari Universitas Negeri Malang.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd., dalam pidato pembukaan menyambut para keynote speaker dan juga para presenter dan partisipan yang ikut mensukseskan kegiatan ini. Selain itu beliau menyampaikan tujuan dari konferensi ini yaitu untuk menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan para pendidik yang memiliki ide dan minat di bidang yang sama.

“Para Hadirin sekalian, mewakili Universitas Negeri Malang saya menyambut anda semua pada kegiatan International Conference on Learning Innovation and Research Basic Education atau ICLIRBE yang pertama pada tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana ini. Sebuah kehormatan bagi saya untuk menyambut presenter dan partisipan dari berbagai negara pada kegiatan ini. Tujuan dari penyelenggaraan ICLIRBE adalah untuk menciptakan wadah dimana para peneliti dan praktisi Pendidikan dapat bertukar ide dan inovasi serta menjalin kerja sama antar sesama sivitas akademika yang memiliki minat di bidang yang sama. Konferensi ini tidak mungkin terlaksana tanpa kerja keras dan dedikasi tinggi dari para panitia dan dukungan dari Sekolah Pascasarjana UM sendiri. Terima kasih atas waktu dan tenaga yang sudah dikerahkan untuk kegiatan ini dan semoga kegiatan konferensi dapat berjalan sukses dan menyenangkan di hati anda semua,” ujar Rektor UM.

Terdapat total 107 presenter dan 127 partisipan yang berpartisipasi dalam pelaksanaan konferensi serta 21 judul paper yang akan dipresentasikan yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Sebaran tema presentasi dibagi menjadi 11 ranah subtema yaitu Civic Education in Elementary and Secondary Schools, Mathematics Learning in Elementary and Secondary Schools, Science and Technology Learning in Elementary and Secondary Schools, Social Studies in Elementary and Secondary Schools, Literature and Language in Elementary and Secondary Schools, Art Education in Elementary and Secondary Schools, ICT for Learning in Elementary and Secondary Schools, Learning Assessment and Evaluation Techinques in Elementary and Secondary Schools, Leadership and Management in Elementary and Secondary Schools, Pedagogical Approach in Elementary and Secondary Schools, dan Integrated and Thematic Teaching and Learning in Elementary and Secondary Schools.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM