Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Undiksha Jaring Bakal Calon Rektor Baru

Undiksha Jaring Bakal Calon Rektor Baru

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) bersiap melakukan penjaringan bakal calon rektor periode 2023-2027. Hal ini dilakukan menyusul segera berakhirnya masa jabatan Rektor Undiksha Periode 2019-2023, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.

Tahapan pemilihan Rektor (Pilrek) mulai disosialisasikan kepada civitas akademika Undiksha, Senin (12/9/2022). Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Undiksha, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si., menyampaikan masa jabatan Rektor Undiksha, I Nyoman Jampel, M.Pd., di periode keduanya berakhir pada 13 April 2023. Sejalan dengan itu, tahapan Pilrek mulai dilaksanakan. Panitia membuka pendaftaran bakal calon rektor dari 26 September sampai 14 Oktober 2022. Kesempatan ini tidak hanya dibuka untuk internal Undiksha, tetapi juga dari perguruan tinggi lain yang berstatus Badan Layanan Umum (BLU) dan Berbadan Hukum (BH) maupun pemerintahan.

Syarat minimal yang harus dipenuhi oleh para pelamar, sambung Arnyana adalah harus lektor kepala dan umurnya tidak melebihi 60 tahun. Pada tahapan penjaringan ini, dicari minimal 4 bakal calon rektor. Tahapan selanjutnya adalah inventarisasi dan seleksi administrari yang dijadwalkan pada 17 sampai 21 Oktober 2022, pengumuman hasil penjaringan bakal calon pada 8 November 2022. Selanjutnya, tahapan penyampaian visi, misi, dan program kerja pada 15 Desember 2022 yang sekaligus sebagai jadwal penilaian dan penetapan calon rektor. Tahapan ini akan dihasilkan 3 calon rektor untuk selanjutnya dipilih oleh senat  dan menteri atau yang ditugaskan pada Januari 2023. “Jadi menteri itu memiliki suara 35 persen dari suara keseluruhan. Dari itulah 3 calon itu akan di rangking. Inilah yang akan disampaikan lagi kepada Menteri oleh Senat bersama Bapak Rektor untuk ditetapkan siapa yang menjadi rektor sekaligus  nanti dilantik oleh Menteri,” jelasnya.

Dikonfirmasi usai sosialisasi, Ketua Senat Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., mengharapkan pemilihan rektor ini dapat berjalan sukses dan pelaksanaannya sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan senat. Selain itu, rektor yang terpilih nantinya benar-benar memiliki kualitas dan yang unggul untuk nantinya dapat menjadikan Undiksha semakin baik. “Jadi agar ada peningkatan terus (Undiksha,red),” harapnya.

Harapan lainnya adalah suksesi ini dapat berjalan harmonis, sejalan dengan yang selalu digaungkan oleh Undiksha. Hal ini juga menjadi penekanan dari Rektor Undiksha, Prof. I Nyoman Jampel, M.Pd., yang turut hadir pada sosialisiasi tersebut. (hms)