Jumat, 30 September 2022
Sekolah Menengah Pertama

Kontingen KSM DKI Jakarta 2022 Siap Tempur!

Kontingen KSM DKI Jakarta 2022 Siap Tempur!

JAKARTA (Humas MTsN 32 Jak-Sel) —

Pagelaran bergengsi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional tahun 2022 akan dilaksanakan di DKI Jakarta pada tanggal 10 – 14 Oktober 2022.Ajang ini diikuti oleh siswa terbaik dari masing-masing provinsi setelah melalui tahapan seleksi yang ketat.

Dibuka untuk Madrasah (MI/MTs/MA) dan Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat), kompetisi ini melombaksn beberapa jenis mata lomba: Matematika terpadu terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi dan Riset.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.
Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.
Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.

Kompetisi Sains Madrasah 2022 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat.

Adapun tahapan-tahapannya sdbagai berikut:

KSM Tingkat Satuan Pendidikan

Mulai 11 – 20 Juli 2022 , ditetapkan oleh Madrasah masing-masing, Peserta juara KSM tingkat satuan pendidikan dikirim untuk mengikuti KSM tingkat Kabupaten/Kota.

KSM Tingkat Kabupaten/Kota

Peserta yang sudah didaftarkan oleh Madrasah/Sekolah kemudian sudah diverifikasi oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota akan mengikuti KSM tingkat kabupaten/Kota yang dilaksanakan pada 13 – 14 Agustus 2022

KSM Tingkat Provinsi

Peserta KSM Provinsi diikuti oleh 3 siswa terbaik tiap bidang studi yang dilombakan sebagai hasil seleksi KSM Kabupaten/Kota dalam satu provinsi yang dilaksanakan pada 10 – 11 September 2022

KSM Tingkat Nasional

KSM Nasional diikuti oleh 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi yang akan dilaksanakan pada 10 – 14 Oktober 2022.

Salah satu peserta didik MTsN 32 Jakarta, Rasha Hafizh berhasil menembus tingkat nasional pada bidang studi IPA terpadu terintegrasi. Beliau bersama kontingen DKI Jakarta akan berjuang untuk memperebutkan tempat terbaik bersaing dengan siswa terbaik dari provinsi lainnya. /Yyt.