Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Dies Natalis ke-17, FTIP Unpad Peroleh “Kado” Sertifikat ISO 21001:2018

Dies Natalis ke-17, FTIP Unpad Peroleh “Kado” Sertifikat ISO 21001:2018

[Kanal Media Unpad] Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran memperingati Dies Natalis ke-17 pada Selasa (13/9/2022) lalu. Pada peringatan Dies Natalis tersebut, FTIP Unpad memperoleh “kado” istimewa, yaitu diperolehnya sertifikat ISO 21001: 2018 dari British Standard Institution.

Penyerahan sertifikat ISO 21001: 2018 dilakukan langsung Senior Commercial Director BSI Group Indonesia Nolia Natalia dan Strategic Business Manager BSI Group Indonesia Neto Andy Purwanto kepada Dekan FTIP Unpad Dr. Ir. Sarifah Nurjanah, M. App. Sc., di sela acara Peringatan Dies Natalis ke-17 FTIP yang digelar secara vitual, Selasa (13/9/2022).

Standar ISO 21001 merupakan standar yang secara khusus berbicara mengenai sistem manajemen pendidikan. Standar ini menjamin layanan pendidikan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pengguna, dalam hal ini adalah mahasiswa, serta kebutuhan mitra dan sesuai dengan standar yang ditetapkan kementerian, universitas, ataupun yang ditetapkan FTIP sendiri.

Dalam pidatonya Sarifah menjelaskan, peroleh sertifikat ini menjadi hal penting sebagai upaya penjaminan mutu terhadap layanan akademik yang diselenggarakan FTIP.

“Kami berkomitmen untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi stakeholder serta memenuhi persyaratan pemangku kepentingan dengan mengimplementasikan sistem manajemen mutu pendidikan ISO 21001:2018,” kata Sarifah.

Selain itu, perolehan sertifikasi ini juga merupakan upaya FTIP untuk menjawab tantangan transformasi pendidikan tinggi dalam menghadapi digitalisasi dan perubahan kompetensi lulusan yang signifikan.

“Kami akan selalu memelihara dan mempertahankan implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan ISO 21001:2018 secara efektif di fakultas kami tercinta,” kata Sarifah.

Dalam kesempatan tersebut Nolia mengatakan, ISO 21001:2018 merupakan alat manajamen umum dan menantang semua organisasi pendidikan untuk menerapkan pendekatan kualitas yang sistematis melalui konsep terstruktur dan manajemen utuh.

“Standar ini bertujuan menunjukkan kemampuan organisasi pendidikan dalam memberikan pendidikan yang konsisten kepada peserta didik yang sesuai dengan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Dari hasil audit yang berlangsung dua tahap, BSI merekomendasikan FTIP Unpad untuk memperoleh sertifikat ISO tersebut. Ke depan, sertifikat ini akan terus diaudit setiap tahun guna memastikan sistem ISO tetap diimplementasikan dengan baik dan sesuai standar.

Peringatan Dies Natalis ke-17 FTIP Unpad tersebut juga diisi sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno. “Semoga dengan Dies Natalis ini FTIP Unpad semakin siap mencetak generasi unggul untuk Indonesia Maju,” kata Sandiaga.

Acara peringatan Dies Natalis ini juga diisi sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan RI Prof. Arief S. Kartasasmita serta diisi orasi ilmiah oleh Dr. Ir. Sumanti Debby Moody, M.Si.*