Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Wisuda Ke-99, UNIB Tambah 1243 Lulusan

<strong>Wisuda Ke-99, UNIB Tambah 1243 Lulusan</strong><strong></strong>

UNIVERSITAS Bengkulu menggelar Wisuda Periode Ke-99 Program Pascasarjana (S3/Doktor dan S2/Magister), program Profesi, Sarjana, dan Vokasi/Diploma, diikuti 1243 wisudawan secara offline, dan di bagi dua sesi yaitu sesi pagi dan siang, di Gedung Serba  Guna (GSG) UNIB, Rabu (14/9/2022).

Suasana acara wisuda offline di GSG UNIB. (foto:hms1)

Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik, Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, M.T, melaporkan, sesuai dengan Keputusan Rektor Nomor : 5779/UN30/HK/2022 Tanggal 7 September 2022 Tentang Daftar Lulusan Program Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Vokasi Universitas Bengkulu pada Wisuda Periode ke-99 Tahun 2022, jumlah wisudawan per jenjang sebagai berikut : Pascasarjana S-3 sebanyak 2 orang, Pascasarjana S-2 sebanyak 124 orang, Profesi 12 orang, Sarjana Reguler 872 orang, Sarjana Non Reguler 14 orang, dan Vokasi/Diploma 219 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik ketika menyampaikan tentang jumlah wisudawan. (foto:hms1)

Ke 1243 wisudawan tersebut berasal dari delapan fakultas selingkup UNIB, dengan rincian ; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 286 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 154 orang, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 133 orang. “Tiga fakultas ini mengikuti acara wisuda sesi pagi dengan total wisudawan 573 orang,” kata Prof. Mochamad Lutfi Firdaus.

Kemudian, lima fakultas mengikuti acara wisuda sesi siang dengan total wisudawan 670 orang, dengan rincian; Fakultas Hukum (FH) sebanyak 87 orang, Fakultas Pertanian (FP) 226 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 261 orang, Fakultas Teknik (FT) 75 orang, serta Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebanyak 21 orang.

Dengan diwisudanya 1243 orang ini, maka sampai dengan bulan September 2022, total lulusan UNIB bertambah menjadi 66.954 orang, terdiri dari Program Pascasarjana S-3 sebanyak 114 orang, Program Pascasarjana S-2 sebanyak 9.460 orang, Program Sarjana 46.101 orang, Program Profesi 286 orang, dan Program Vokasi/Diploma 10.993 orang.

“Selamat berbahagia para wisudawan, semoga ilmu yang didapat di bangku kuliah kampus UNIB, dapat bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan agama, serta mampu berkontribusi bagi kemajuan daerah dan Bangsa,” sampai Prof. Mochamad Lutfi.

Rektor menyambut dosen yang telah selesai melanjutkan studi Doktor. (foto:hms1)

Pada kesempatan ini, Prof. Mochamad Lutfi Firdaus juga mengumumkan dosen UNIB yang telah menyelesaikan tugas belajar, yaitu Wiwit, S.Si, M.Si, Ph.D yang telah menyelesaikan S3 (Doktor) dengan spesialisasi Marine Inorganic Chemistry dari The University of Tokyo, Jepang. Kemudian, Dr. Catur Wulandari, M.Pd yang telah menyelesaikan S3 (Doktor) Spesialisasi Pendidikan Bahasa Indoensia dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan Dr. Jose Rizal, S.Si, M.Si yang telah menyelesaikan S3 (Doktor) Spesialisasi Matematika Terapan dari Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Lalu, Prof. Mochamad Lutfi Firdaus mengumumkan lulusan terbaik per jenjang, wisudawan termuda dan wisudawan menginspirasi pada wisuda period eke-99 UNIB. Untuk wisudawan terbaik jenjang S3 (Doktor) adalah Suyanto dari Program S3 Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan IPK 3,78. Jenjang S2 (Magister) adalah Indri Febriana dari Program S2 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan IPK 3,98.

Rektor memberikan piagam dan menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan terbaik, wisudawan termuda dan wisudawan menginspirasi pada wisuda sesi pagi. (foto:hms1)

Kemudian, jenjang S1 (Sarjana) yaitu Lara Sentika dari Program S1 Pendidikan Matematika FKIP dengan IPK 3,96, jenjang Profesi Indri Wahyuni dari Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dengan IPK 3,74, dan jenjang Diploma (D3) yaitu Ripansyah Ramadhani dari Program Diploma (D3) Bahasa Inggris FKIP dengan IPK 3,91.

Untuk wisudawan dengan Usia Termuda adalah Rimayang Licia Arneta dari Program S1 Sistem Informasi Fakultas Teknik (FT) dengan IPK 3,73. Dia lahir di Belambangan, 8 Maret 2002. Usianya per 14 September 2022 adalah 20 tahun 6 bulan 6 hari.

Sedangkan Wisudawan Menginspirasi, dinobatkan kepada dua orang, yaitu Epran dari Program S1 Pendidikan Matematika (FKIP) dengan IPK 3,91 dan Lamtiur Parsaulina Samosir dari Program S1 Kimia FMIPA dengan IPK 3,79.

Rektor memberikan piagam dan ucapan selamat kepada wisudawan terbaik, wisudawan termuda dan wisudwan menginspirasi, pada saat wisuda sesi siang. (foto:hms1)

Baik sesi pagi maupun siang, Acara Wisuda Periode Ke-99 UNIB dibuka oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc. Acara ini dihadiri Ketua, Sekretaris serta para Anggota Senat Universitas, para Wakil Rektor, para Guru Besar, para wisudawan serta pendamping dan orang tua wisudawan yang menempati tempat duduk yang telah disediakan panitia.

Tampak hadir juga ketua dan pengurus Dharma Wanita Persatuan UNIB, serta tamu undangan lainnya. Kemudian pada momentum berbahagia ini, juga hadir Anggota Komisi X DPR-RI, drh. Hj. Dewi Coryati, M.Si yang ditempatkan bada kursi undangan kehormatan.

Prosesi wisuda sekaligus pelantikan wisudawan ditandai dengan pemindahan kuncir toga dari kiri ke kanan yang dilakukan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri terhadap masing-masing wisudawan. Kemudian, para wisudawan menerima ijazah dan transkrip nilai dari Dekan masing-masing fakultas yang berdiri di samping Rektor.

Rektor memindahkan kuncir toga wisudawan dan Dekan memberikan ijazah. (foto:hms1)

Momen bahagia ini diabadikan melalui foto bersama pimpinan UNIB dengan seluruh wisudawan diakhir acara, kemudian disiarkan juga secara live streaming melalui channel YouTube Universitas Bengkulu, sehingga siapapun, kapan pun dan di mana pun dapat menyaksikan proses wisuda ini secara elektronik.

Dalam pidatonya bertajuk “UNIB Unggul Untuk Indonesia Hebat”, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan diiringi ucapan terimakasih kepada seluruh orang tua dan masyarakat yang telah mempercayakan UNIB sebagai tempat melanjutkan pendidikan bagi putria-putrinya.

Rektor UNIB ketika menyampaikan sambutan pada acara wisuda ke-99. (foto:hms1)

“Semoga apa yang telah saudara pelajari, peroleh, dan alami selama masa perkuliahan di kampus tercinta ini dapat membantu saudara menjadi pribadi yang adaptif, inovatif, dan kreatif. Tetaplah bersyukur, menghormati orang tua, jujur, disiplin, serta berkontribusi besar untuk perkembangan dan kemajuan bangsa dan negara Indonesia umumnya dan Provinsi Bengkulu khususnya. Selamat kepada para wisudawan dan jaga terus nama baik almamater tercinta ini,” ujarnya.

Dikatakan Rektor, menjadi unggul adalah tentang menjadi manusia yang dapat dibanggakan. Dari konsep ini terkandung sinergi dari kemampuan berlebih dengan kualitas yang istimewa yang dapat diuji dan dirasakan manfaatnya.

Rektor dan Wakil Rektor, serta Ketua dan Anggota Senat foto bersama dengan wisudawan. (foto:hms1)

“Para wisudawan, saudara semua telah membuktikan diri secara unggul dengan menyelesaikan pendidikan dengan sangat baik. Harapan saya, menjadi unggul bukan hanya selama duduk sebagai mahasiswa, tetapi juga setelah Saudara melangkahkan kaki ke dunia nyata di luar kampus. Apapun pekerjaan Saudara nantinya, untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia,” ujar Dr. Retno Agustina Ekaputri.[Penulis : Purna Herawan/Humas].