Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

UMSU dan Universitas Malaysia Pahang Jalin Kerjasama

UMSU dan Universitas Malaysia Pahang Jalin Kerjasama

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universitas Malaysia Pahang  komitmen melakukan kerja sama pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Kesepakatan kerjasama ditandai dengan penandatanganan naskah kesepahaman kerjasama (MoU) yang dilaksanakan di Kampus UMP di Pahang, Senin (12/9). Penandatanganan naskah MoU langsung dilakukan Rektor UMSU, Prof.Dr. Agussani, MAP dan Vice-Chancellor UMP  Prof. Dato’ Ts Dr. Yuserrie bin Zainuddin.

Serah terima naskah kerjasama turut dihadiri, Wakil Rektor III UMSU , Dr. Rudianto, MSi, Dekan Fakultas Teknik,  Munawar Alfansuri Siregar, ST, MT, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Syaiful Amri Saragih, SP,  MSc, Sekretaris Office of International Affairs and Cooperation (OIC) UMSU Mhd. Shareza Hafiz, M.Acc.

Dari UMP hadir, Prof. Ts. Dr. Mohd Rosli bin Hainin (Deputy Vice-Chancellor (Academic & International)),  Prof. Ts. Dr. Kamal Zuhairi bin Zamli (Deputy Vice-Chancellor (Research &

Innovation)), Dr. Mohamad Hilmi Bin Mat Said, Dean, Centre for Human Sciences Assoc. Prof. Dr. Mohd Azmir Mohd Azhari (Director, Centre for International Relations),  Encik Jamil Basri (Senior Executive, Centre for International Relations), Cik Nur Ezzati Mohd Nasir (Executive, Centre for International Relations).

Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP mengungkapkan, ada sejumlah poin kerjasama yang ditawarkan. Diantaranya, kerjasama penelitian, pertukaran mahasiswa, publikasi ilmiah dan KKN internasional. ” Kerja sama antara UMSU dan UMP dirasakan perlu guna  pengembangan pendidikan dan penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen” katanya.

Lebih lanjut, UMSU  fokus menjalin kerjasama dengan kampus di Malaysia karena memiliki banyak kesamaan, termasuk budaya dan bahasa sehingga mudah merealisasikan poin kerjasama yang disepakati. Berbeda jika menjalin kerjasama dengan kampus di Eropa  yang membutuhkan biaya besar dan banyak kendala.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga mempresentasikan profil UMSU  yang diawali dengan pemutaran video. Dalam paparannya, dijelaskan tentang capaian UMSU dan berbagai aktifitas yang telah dilakukan dari kerjasama dengan berbagai universitas di Malaysia dan beberapa negara lainnya di Asia dan Eropa.

Sementara,  Vice Chancellor, Prof. Dato’ Ts Dr. Yuserrie bin Zainuddin mengungkapkan, pihak UMP sangat setuju dengan tawaran kerjasama UMSU.  “Saya tertarik dengan UMSU dan ada banyak peluang kerjasama yang bisa dilakukan,” katanya.

Kerjasama UMSU dengan UMP dan sejumlah universitas lain di Malaysia, di antaranya USM, UUM, UPM, UPSI, UMAM dan IPGK Ipoh adalah bagian dari program menuju word class university yang telah dirancang melalui roadmap 2033.