Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

10 Mahasiswa Unisba Lolos Match Up PMMB Batch 2 Tahun 2022

10 Mahasiswa Unisba Lolos Match Up PMMB Batch 2 Tahun 2022

KOMHUMAS – Sebanyak 10 orang mahasiswa Univerisitas Islam Bandung (Unisba) berhasil lolos pada Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) batch kedua tahun angkatan 2022. Program yang melibatkan 69 perusahaan BUMN ini bertujuan untuk  memberikan bekal dan keterampilan bagi mahasiswa untuk menciptakan SDM yang unggul dengan kompetensi yang mempuni dan siap bersaing dalam dunia kerja di masa mendatang.

Kepala Unisba Career Development Center (UCDC), Firman Shakti Firdaus, S.HI., M.Sc., PhD., mengatakan PMMB merupakan kerja sama antara BUMN dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) . Dari sekitar 100 mahasiswa Unisba yang mendaftar, terpilih 10 orang yang dinyatakan match up di 8 perusahaan BUMN. Mahasiswa yang lolos PMMB berasal dari lima Program Studi (prodi) yakni Ilmu Hukum, Teknik Industri, Ilmu Komunikasi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan.

“PMMB ini berada di bawah FHC jadi seluruh proses seleksi dilakukan oleh mereka. Biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi mahasiswa sebagai bahan pertimbangan utama. Sementara tugas UCDC yakni untuk mendata kelengkapan dokumen mahasiswa yang kemudian diupload ke website FHCI,” ujarnya.

Pak Firman mengatakan, mahasiswa yang lolos seleksi match up PPMB Batch 2 tahun 2022 akan mulai on boarding pada akhir bulan September ini. Selama 6 bulan ke depan, mereka akan menjalani proses magang dan diwajibkan untuk menyusun laporan pertanggungjawaban untuk kebutuhan konversi nilai ke mata kuliah.

“Banyak benefit yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan ini di antaranya yaitu pengalaman bekerja di BUMN yang dapat menjadi bekal  berharga untuk menghadapi dunia industri yang sesungguhnya. Jika di beberapa perusahaan mahasiswa magang biasanya hanya diperintahkan untuk fotocopy dokumen saja, di sini mereka akan bekerja sesuai bidang keahliannya. Selain itu, mereka akan mendapatkan sertifikat industri dan kompetensi,” ujarnya.