Minggu, 02 Oktober 2022
Sekolah Menengah Atas

Sadar Pajak dengan “Tax Goes To School”

Sadar Pajak dengan “Tax Goes To School”

Kamis, 15 September 2022 telah terlaksana kegiatan Tax Goes to School sebagai wujud kerjasama antara SMA Negeri 1 Ngluwar dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Muntilan. Kegiatan sosialisasi ini bertajuk “Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara”. Tax goes to school merupakan sarana untuk memperkenalkan perpajakan kepada pelajar selaku generasi penerus bangsa. Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman tentang pajak kepada generasi muda tentang peran dan manfaat pajak dalam pembangunan, serta pentingnya kesadaran bayar pajak bagi masyarakat. Dasar kegiatan ini adalah Undang – Undang No. 28 Tahun  2007. Dalam undang – undang tersebut diatur segala ketentuan umum dan tata cara perpajakan termasuk hak dan kewajiban bagi seluruh wajib pajak.

Kegiatan Tax Goes to School ini dihadiri oleh Kepala KPP Pratama Muntilan, Ibu Anggarwati Sulistyaningsih, pegawai KPP Pratama Muntilan, Kepala SMAN 1 Ngluwar, Ibu Beny Sukandari, M.Pd, B.I, guru dan staf serta peserta didik SMAN 1 Ngluwar.Bertempat di ruang Aula SMAN 1 Ngluwar, kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Dalam sambutannya, Ibu Beny Sukandari M.Pd, B.I selaku Kepala SMAN 1 Ngluwar menyambut baik kegiatan Tax Goes to School dan berharap melalui kegiatan ini, peserta didik mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kesadaran membayar pajak.

Kepala KPP Pratama Muntilan, Ibu Anggarwati Sulistyaningsih, juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi sejak dini mengenai pajak dan apa saja yang perlu diketahui tentang pajak, mengingat banyak informasi yang simpang-siur di luar sana.

“Jadi, apabila teman-teman mempunyai pertanyaan seputar pajak dapat ditanyakan setelah penyampaian materi oleh kami. Sehingga, semua yang hadir di kegiatan ini memiliki pemahaman yang sama mengenai pajak.”

Selain pemaparan presentasi mengenai pajak, KPP Pratama Muntilan juga membagikan hadiah bagi peserta yang hadir dan mengajukan pertanyaan. Sehingga, disamping memperoleh wawasan, peserta juga terhibur dengan hadiah yang ada.

Menurut Rifki Yudha salah satu peserta kegiatan Tax Goes to School, kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi para generasi penerus bangsa. Dari sosialisasi ini, Yudha menuturkan bahwa para peserta belajar akan pentingnya membayar pajak termasuk manfaat dan akibatnya apabila masyarakat tidak membayar pajak. Melalui penjelasan dari tim KPP Pratama Muntilan, para peserta disadarkan bahwa banyak barang dan hal kecil disekitar siswa di sekolah bersumber dari pajak. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini siswa – siswi SMA Negeri 1 Ngluwar mampu mempraktikkanya dalam kehidupan sehari – hari di masa depan akan pentingnya membayar pajak sehingga terciptalah negara Indonesia yang maju. 

“Manusia bijak, taat bayar pajak”

 

GALERI KEGIATAN