Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

BSDM UAD Gelar PPKK untuk Tingkatkan Komitmen Dosen dan Tendik Baru

BSDM UAD Gelar PPKK untuk Tingkatkan Komitmen Dosen dan Tendik Baru

Pelatihan Penguatan Komitmen Kinerja (PPKK) untuk dosen dan pegawai baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: BSDM UAD)

Biro Sumber Daya Manusia Universitas Ahmad Dahlan (BSDM UAD) adakan Pelatihan Penguatan Komitmen Kinerja (PPKK) dalam rangka menyambut dosen dan tenaga kependidikan (tendik) baru tahun 2022. Agenda ini diselenggarakan pada Selasa, 13 September 2022. Hadir secara langsung Drs. H. Herry Zudianto, M.M. selaku Wakil Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UAD, Dr. Hendro Widodo, M.Pd. yakni Kepala Biro SDM, Kepala bidang BSDM, dan 44 peserta pelatihan yang terdiri dari dosen dan tendik.

Dr. Hendro Widodo menjelaskan tujuan dari PPKK untuk meningkatkan semangat juang serta pembinaan kepada dosen dan tendik baru di UAD, yang dibuktikan dengan komitmen dan loyalitas kuat. Sehingga, baik dosen maupun tendik dapat bertanggung jawab dengan amanah yang telah diberikan.

“UAD adalah bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), maka secara kelembagaan bertanggung jawab untuk membekali para pegawai agar memiliki dan menjunjung tinggi ruh Muhammadiyah. Diharapkan pula, pengabdiannya tidak hanya saat berada di kampus tetapi juga di masyarakat,” jelas Hendro.

Lebih lanjut, Herry Zudianto menyampaikan pelatihan PPKK ini bertujuan untuk menciptakan dosen dan tendik yang melek teknologi dalam upaya mewujudkan generasi bangsa yang mampu melewati perubahan zaman dan berani menantang peradaban. “Sehingga, dapat tercipta kreativitas dan inovasi baru di masa yang akan datang. Tentu hal ini menjadi tantangan bagi seluruh pihak untuk lebih kreatif dalam memadukan ilmu-ilmu baru di luar bidang yang digeluti.”

Ia menegaskan bahwa Muhammadiyah adalah cara untuk memahami agama Islam yang murni. UAD sebagai bagian dari AUM perlu memiliki Muhammadiyah arah agar dapat menyelami ruh Muhammadiyah. Dengan seperti itu, maka menciptakan dosen dan tendik yang bisa berkontribusi dan berkolaborasi aktif kepada masyarakat.

Pada pelatihan tersebut, para peserta mendapatkan ilmu dari para narasumber jajaran BPH UAD, di antaranya hadir sebagai pemateri pertama H. Fathur Rahman Kamal, Lc., M.S.I., memaparkan spirit Al-Qur’an dan Al-Hadis untuk membangun komitmen kerja peserta. Ir. Azman Latif tentang cara mengamalkan pedoman hidup islami. Kemudian, Arif Jamali Muis, S.Pd., M.Pd. tentang sinergi pegawai UAD dengan persyarikatan, dan terakhir disampaikan oleh H. Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D., tentang profil pegawai UAD berkemajuan.

Sebagai bentuk komitmen bersama, para peserta menyepakati tiga Komitmen Kinerja Pegawai 2022 yang mendapat apresiasi dari Wakil Rektor Bidang SDM, Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum., dan berharap dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Tiga Komitmen Kinerja Pegawai 2022 tersebut adalah, pertama, aktif mengikuti kegiatan Muhammadiyah baik di Pimpinan Ranting atau Cabang terdekat sehingga memiliki komitmen untuk mendalami nilai-nilai Muhammadiyah. Kedua, memberikan pelayanan akademik secara maksimal kepada mahasiswa dan mendukung UAD yang berkemajuan. Ketiga melaksanakan Catur Dharma secara profesional, jujur, dan berkualitas. (guf)

uad.ac.id