Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

UNNES Gelar FGD Kebijakan Keimigrasian bagi Mahasiswa Asing

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Kebijakan Keimigrasian bagi Mahasiswa Asing di UNNES, Rabu (15/9).

Tujuan kegiatan FGD Kebijakan Keimigrasian bagi Mahasiswa Asing di UNNES adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa asing terkait kebijakan imigrasi yang harus dipatuhi selama tinggal di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini sangat diperlukan karena akan menambah edukasi mahasiswa asing yang ada di UNNES.

“Dari 50 Ribu lebih mahasiswa UNNES, beberapa di antaranya adalah mahasiswa asing. Maka dari itu kami memandang perlu adanya FGD ini yang akan membahas mengenai regulasi dan perizinan. Edukasi mengenai izin dan keluar masuk di Indonesia sangat penting bagi mereka,” kata Prof Zaenuri.

Hadir sebagai narasumber Ratna Budiarni SH Kepala sub seksi Ijin Tinggal Keimigrasian dan Jumiyo SKom MM Analis Keimigrasian Ahli Muda Kantor Imigrasi kelas 1 TPI Semarang.

Para narasumber menyampaikan materi berkaitan dengan regulasi keimigrasian bagi para mahasiswa yang sedang melaksanakan Studinya.

Informasi keimigrasian yang disampaikan merupakan bekal bagi para mahasiswa untuk dapat melaksanakan proses belajar dengan lancar dan tidak terkendala serta melanggar dengan aturan yang berlaku khususnya regulasi tentang keimigrasian.

Kegiatan Focused Grup Discussion berlangsung komunikatif dan interaktif antara mahasiswa dan Narasumber. Para mahasiswa internasional memberikan pengalamannya selama berada di Indonesia serta menanyakan berbagai hal tentang regulasi sehingga tidak terkena sanksi.