Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Fakultas Teknik Unram Gelar Konferensi Multi Internasional Mandalika Pertama Tentang Sains dan Teknik tahun 2022

Fakultas Teknik Unram Gelar Konferensi Multi Internasional Mandalika Pertama Tentang Sains dan Teknik tahun 2022

Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Teknik Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan The 1st Mandalika International Multi Conference on Science and Engineering (MIMSE) 2022 (Konferensi Multi Internasional Mandalika Pertama tentang Sains dan Teknik 2022-red) di Hotel Lombok Raya pada hari Rabu (14/9) hingga Kamis (15/9).

Konferensi tahunan tersebut bertema “Smart and Green Technology for a Better Life” (Teknologi Cerdas dan Hijau untuk Kehidupan yang Lebih Baik-red) dan turut menghadirkan narasumber-narasumber ahli, yaitu Prof. Yan Zhuge (Structural Engineering, University of South Australia), Prof. Taufik (Electrical Engineering, California Polytechnic State University, California, USA), Prof. Jun Seok Hwang (Information Science and Technology at Technology Management, Seoul National University, South Korea), Prof. Muhammad Aziz (Mechanical and Biofunctional Systems, University of Tokyo, Japan), Prof. Dr. Sanjay M. Rangappa (Mechanical Engineering, King Mongkut’s University of Technology North Bangkok, Thailand), dan Dr. Yulianto Purwono Prihatmaji, IPM., IAI. (Architecture-Universitas Islam Indonesia).

Dr. Nur Kaliwantoro, ST., MT. selaku Ketua Panitia MIMSE 2022 menyampaikan bahwa jumlah authors atau penulis yang mengikuti konferensi internasional ini sejumlah 286 orang dari berbagai negara di 4 benua, yaitu benua Amerika, Asia, Afrika, dan Australia. Dosen Teknik Mesin Unram itu juga menuturkan bahwa lewat MIMSE 2022 diharapkan dapat melahirkan inovasi serta ide-ide teknologi di berbagai aspek di bidang teknik sipil, arsitektural, mekanikal, elektrikal, dan informatika.

“Konferensi ini diadakan untuk menjadi sarana pertemuan ilmiah bagi para peneliti, mahasiswa, dan praktisi di seluruh dunia untuk berbagi ide dan penemuan baru mereka di bidang teknik untuk menghadapi situasi dunia saat ini,” ungkapnya.

Berikutnya Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Unram, Yusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.D. mengungkapkan bahwa konferensi ini akan mengarahkan seluruh partisipannya pada peluang yang bagus untuk saling berbagi pengetahuan terkait topik pembahasan MIMSE 2022.

“Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini kita mengalami situasi yang sangat tak terduga yakni pandemi Covid-19. Kita harus beradaptasi dengan situasi ini dan itu tidak mudah. Dan sekarang kita sangat bersyukur dapat berkumpul di tempat ini dengan situasi pandemi yang lebih mereda dibandingkan dua tahun belakangan. Saya percaya bahwa konferensi ini memberikan kita informasi dan pengetahuan baru dari narasumber kita dari berbagai negara,” tutur Yusron dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut.

Wakil Rektor 4 Unram itu juga menyebutkan jika dilihat dari jumlah partisipan yang mengikuti konferensi ini, mengindikasikan bahwa konferensi ini akan menjadi suatu acara yang sangat menarik dan bermanfaat kedepannya. Kepada partisipan dari luar Pulau Lombok, Ia mempersilakan mereka untuk menikmati waktunya di Lombok dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata di Lombok.