Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

FT UNIMED Gelar Workshop Teknis Persiapan Akreditasi Jurnal

FT UNIMED Gelar  Workshop Teknis Persiapan Akreditasi Jurnal

Dalam rangka persiapan Akreditasi Jurnal pada prodi di lingkungan Fakultas Teknik, tim pengelola jurnal FT Unimed menggelar Workshop Teknis Persiapan Akreditasi Jurnal, pada hari Kamis, 15 September 2022 di ruang Serbaguna FT Unimed. Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd dan dihadiri oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II,Wakil Dekan III serta Pengelola Jurnal di Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Mesin.

Sebagai narasumber pada kesempatan tersebut adalah M. Taufik Rahmadi dari Fakultas Ilmu Sosial Unimed sebagai editor in chief jurnal geografi, dan Agung Setia Batu Bara. Kedua narasumber membagikan pengetahuan tentang pengelolaan Jurnal Akreditasi SINTA, bagaimana penilaian substansi artikel menuju Akreditasi Jurnal, dan apa saja kebutuhan dalam mengelola jurnal untuk bisa terakreditasi. Dalam penjelasannya, kebutuhan untuk bisa terakreditasi pertama harus memahami Prosedur Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, kemudian melengkapi persyaratan Akreditasi Jurnal (Indeks Garuda dan Google Scholar), memahami nilai dan peringkat Akreditasi, memahami unsur penilaian akreditasi dan mempelajari mekanisme penilaian Akreditasi Dikti.

Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul mengatakan salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menunjang Akreditasi Jurnal di Fakultas Teknik. Ia menyampaikan “ saat ini ada 15 jurnal di FT pada masing-masing prodi dan sebagian besar sangat berpotensi untuk diajukan Akreditasi tahun ini, baru ada 1 jurnal yang terakreditasi. Kami berharap para pengelola jurnal di Fakultas Teknik dapat menambah jumlah jurnal yang terakreditasi. Diharapkan para peserta workshop teknis persiapan akreditasi jurnal ini dapat mengulik dan mencari informasi lebih dalam tentang persiapan-persiapan apa saja yang dilakukan untuk menaiki Akreditasi Jurnal di prodi yang jurnal nya belum terakreditasi, seperti yang SINTA 5 bisa menjadi ke SINTA 3 atau 2, hal tersebut juga sebagai salah satu syarat seorang dosen untuk naik golongan/pangkat menjadi golongan 4 nantinya,” ujarnya.
Dekan berharap kepada seluruh pengelola jurnal agar bisa bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan Workshop Persiapan Akreditasi Jurnal, mencari tahu sedalam-dalamnya apa – apa saja yang perlu dilakukan dalam perbaikan dan penyempurnaan baik kepengelolaan jurnal dan jurnal yang akan diterbitkan, agar jurnal yang diterbitkan nantinya semakin baik dan berkualitas.(Humas Unimed/js)