Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Untirta Tuan Rumah Seminar Nasional & Rapat Tahunan Koordinasi Forum LPPM BKS-PTN Barat 2022

Untirta Tuan Rumah Seminar Nasional & Rapat Tahunan Koordinasi Forum LPPM BKS-PTN Barat 2022

SERANG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Untirta menghadirkan Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr, Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat DRTPM dan Dr. Ir. Boediastoeti Ontowirjo, M.B.A, Deputi Bidang Kebijakan Riset & Inovasi BRIN sebagai narasumber pada Seminar Nasional & Rapat Tahunan Koordinasi Forum LPPM BKS-PTN Barat 2022 bertajuk “Konsolidasi, Inovasi, dan Hilirisasi Riset untuk Mendukung Indonesia Maju” yang diselenggarakan secara hybrid pada Kamis, (15/09/2022) di Convention Hall Kampus Untirta Sindangsari sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis ke-41 Untirta.

“Dengan forum ini, kami optimis ke depan karena riset dan pengabdian pasti di seluruh perguruan tinggi sudah berjalan. Namun demikian, Rektor Untirta selalu menegaskan bahwa keberadaan kita harus menjadi menara air bagi masyarakat, sehingga indikator utama dari riset dan pengabdian masyarakat adalah berapa banyak dan bagaimana kualitas inovasi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Artinya, kita harus cepat melangkah dengan produk-produk riset yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Wadah inilah yang di jaman ini dituntut kolaborasi akan menjadi bahan yang sangat bermakna.” Ungkap Ketua LPPM Untirta, Dr. Rusmana, Ir., M.P.

Acara yang dihadiri oleh para pimpinan LPPM dari berbagai perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) wilayah barat ini dibuka secara langsung oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T, dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan KKN Kebangsaan Tahun 2022 oleh Ketua LPPM Palngka Raya, Dr. Ir. Aswin Usup, M.Sc. Pada hari yang sama, peserta turut dibimbing belajar memainkan alat musik tradisional Jawa Barat, angklung dan melakukan tur keliling kampus Untirta Sindangsari dengan mobil shuttle.

“Esok hari di hari Jum’at, kita akan melaksanakan tur sekitar Anyer untuk memperkenalkan industri-industri yang selama ini bekerja sama dengan kami. Kami akan ke PT Asahimas sebagai salah satu industri yang sampai saat ini concern bekerja sama dengan Fakultas Teknik dan juga melaksanakan program MBKM. Setelah itu, kita akan menuju Titik Nol Anyer-Panarukan, lalu kita antar bapak ibu ke bandara.” Terang Sekretaris LPPM Untirta, Prof. Dr. Yeyen Maryani, M.Si.

Turut hadir Ketua LP3M Untirta, Prof. Dr. Eng. A. Ali Alhamidi, ST., MT. beserta jajaran; Sekretaris Forum LPPM BKS-PTN Barat, Dr. Ir. Hery Suhartoyo, M.Sc; para dekan di lingkungan Untirta; Sekretaris LPPM Untirta, Prof. Dr. Yeyen Maryani, M.Si; dan para Kabiro di lingkungan Untirta. (SAC/ AAP/ VDF)