Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Tim PKM Dosen PBSI UNJA Paparkan Materi Penulisan dan Model Pembelajaran Inovatif untuk Guru SD dan SMP se-Batanghari

Tim PKM Dosen PBSI UNJA Paparkan Materi Penulisan dan Model Pembelajaran Inovatif untuk Guru SD dan SMP se-Batanghari

BATANGHARI,- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan PKM yang berlokasi di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Kamis (15/09/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Zulpadli, S.Pd., M.Pd. Peserta pada kegiatan PKM tersebut merupakan guru-guru SD dan SMP yang ada di Kabupaten Batanghari.

Tim PKM dosen PBSI sendiri terdiri dari Drs. R. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd., selaku Ketua Prodi PBSI; Dr. Herman Budiyono, M.Pd.; Dr. Drs. Harry Soedarto Harjono, M.Pd.; Dr. Rustam, M.Hum.; Dr. Andiopenta, M.Hum.; Dr. Kamarudin, M.Pd.; Dra. Hj. Yusra D., M.Pd.; Dra. Rasdawita, M.M.; Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd.; Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd.; Drs. Albertus Sinaga, M.Pd.; Drs. Akhyaruddin, M.Pd.; Priyanto, M.Pd., Hilman Yusra, M.Pd., Rahmawati, M.Pd.; Nurfadilah, M.Pd.; Lusia Oktri Wini, M.Pd.; serta Arum Gati Ningsih, M.Pd. Selain itu, kegiatan PKM tersebut melibatkan 7 mahasiswa S1 PBSI dan 3 orang mahasiswa S2 Pascasarjana.

Para dosen dan mahasiswa tim PKM PBSI tersebut memaparkan 7 macam materi yang terdiri dari: Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah, Sosialisasi Pembelajaran Inovatif dengan Strategi Literasi, Pelatihan Merancang Skenario Pembelajaran berbasis MIKiR, Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah di Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA, Penerapan Model Pembelajaran Hybrid Learning sebagai Alterrnatif Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19, Model PjBL berbasis Kearifan Budaya Melayu Jambi Berorientasi Industri Kreatif, dan Pelatihan Pengkajian dan Penulisan Kearifan Budaya kepada Guru-Guru Pendidikan Dasar Kabupaten Batanghari.

Ketua Prodi PBSI, Drs. R. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa program PKM tersebut melibatkan mahasiswa di dalam program pengabdian serta menjadi ajang temu alumni dengan para guru yang merupakan alumni PBSI UNJA.

“Program PKM ini merupakan program pengabdian terpadu dari PBSI yang juga melibatkan mahasiswa. Salah satu kunci dari PKM adalah melibatkan mahasiswa dan dosen di dalam program pengabdian ini. Pada prinsipnya kami akan menginformasikan sedikit ilmu yang mungkin bermanfaat, ini juga sekaligus menjadi kesempatan untuk temu alumni bagi para guru-guru yang merupakan alumni PBSI UNJA,” ujar beliau.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Zulpadli, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para dosen tim PKM PBSI UNJA karena telah mengadakan pengabdian yang dirasa sangat bermanfaat bagi para guru-guru di Kabupaten Batanghari.

“Ucapan pertama yang kami ingin ucapkan adalah terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran bapak ibu dosen yang memberikan motivasi yang baik bagi kami guna memberikan pembelajaran yang terbaik bagi siswa kami. Semenjak Covid-19 banyak program yang belum terlaksanakan, mudah-mudahan kegiatan PKM menjadi awalan yang baik dan kerja sama kita ini akan berlanjut terus demi anak bangsa. PKM ini sangat kami butuhkan sekali untuk memberikan motivasi dan inovasi kepada guru-guru kami untuk meningkatkan kompetensi,” ungkapnya.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS