Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Fakultas Hukum Luncurkan Hukumonline Corner Pertama di Indonesia

Fakultas Hukum Luncurkan Hukumonline Corner Pertama di Indonesia
Dari kiri: Desy Christina S.H., LL.M., Ikaningtyas, S.H., LL.M., Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum., Amrie Hakim, Dr. Fachrizal Afandi S.Psi., S.H., M.H., dan Nopy Kusumardani | Foto: PSIK FH UB

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) bekerja sama dengan Hukumonline menyelenggarakan Launching “Hukumonline Corner” yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid (daring dan luring), Rabu (15/9/2022)  yang bertempat di Mimbar Demokrasi FH UB.

Peluncuran Hukumonline Corner ini  merupakan bentuk kerja sama antara Pusat Dokumentasi dan Ilmu Hukum (PDIH) FH UB dengan Hukumonline dalam rangka memberikan kemudahan mahasiswa FH UB dalam mengakses informasi dan hasil riset terkait isu-isu hukum.

Peluncuran ini dihadiri oleh Wakil Dekan II FH UB, Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum., serta dihadiri dosen-dosen. Kegiatan ini juga turut dihadiri kalangan mahasiswa dari berbagai jenjang, mulai dari Program Studi Sarjana Ilmu Hukum, Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, dan Doktor Ilmu Hukum.

Pemotongan pita sebagai tanda peresmian Hukumonline Corner oleh Wakil Dekan II FH UB, Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum. yang didampingi Dr. Fachrizal Afandi S.Psi., S.H., M.H., Ph.D. (Ketua PDIH FH UB) beserta Tim Hukumonline bertempat di PDIH FH UB | Foto: PSIK FH UB

Dalam acara Launching Hukumonline Corner terdapat pemaparan dua narasumber dari Hukumonline, yakni Desy Christina S.H., LL.M. selaku Legal Research and Analysis Manager Hukumonline dan Nopy Kusumardani selaku Customer Success Executive Hukumonline.

Dalam pemaparannya, Desy Christina S.H., LL.M. menyampaikan materi tentang “Riset dan Analisis Hukum Secara Online” yang meliputi tujuan dan signifikansi, tantangan, hingga tips-tips dalam melakukan riset dan analisis hukum. Tidak hanya itu, Desy juga menjelaskan langkah-langkah dalam riset dan analisis, yakni pahami isu hukumnya, identifikasi dan strukturisasi, buat hipotesis, temukan jawabannya, analisis, dan komunikasikan hasilnya.

Nopy Kusumardani dalam pemaparan kedua memberikan materi tentang “Pelatihan Penggunaan Pusat Data Hukumonline dan Pengenalan Hukumonline Corner”. Pada sesi ini, Nopy menjelaskan tutorial penggunaanfitur-fitur dan layanan yang terdapat di Hukumonline Corner.

Pasca kegiatan pemaparan dan pelatihan, acara dilanjutkan dengan launching Hukumonline Corner yang bertempat di PDIH FH UB. Launching tersebut ditandai dengan pemotongan pita pada lokasi komputer Hukumonline Corner oleh Wakil Dekan II FH UB, Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum. yang didampingi Dr. Fachrizal Afandi S.Psi., S.H., M.H. selaku Ketua PDIH FH UB bersama dengan jajaran Tim Hukumonline.