Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

Resmi! Mahasiswa Untirta Dapat Beasiswa dari POSCO Asia

Resmi! Mahasiswa Untirta Dapat Beasiswa dari POSCO Asia

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bersama POSCO TJ Park Foundation yang telah berkontribusi bersama selama 10 tahun dalam pemberian beasiswa kepada mahasiswa telah menetapkan mahasiswa penerima beasiswa POSCO Asia 2022 berupa uang Insentif sebesar 1.000 Dolar US pertahun dan ilmu pengajaran yang diumumkan melalui agenda “POSCO Asia Fellowship Award Ceremony”, Jumat (16/9/2022).

Mira Maulani Utami, Ketua Pelaksana POSCO Asia Fellowship Award Ceremony sekaligus Tenaga Teknis Kerjasama Bidang Kerjasama Internasional Pusat Layanan Internasional (Pelita)  mengatakan, beasiswa POSCO hanya diberikan kepada tiga universitas terpilih saja yakni, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Untirta.

“Universitas yang diberikan beasiswanya oleh POSCO yaitu Untirta, ITB dan UI, jadi totalnya hanya tiga, dan salah satunya Untirta dan setiap tahun kita ada 15 orang penerima beasiswa,” ucap Mira.

Mira juga mengungkapkan terdapat hal menarik dan perubahan skema dalam POSCO Asia Fellowship tahun ini, dimana mahasiswa jurusan sains mendapat jatah 60 persen kuota sedangkan non-sains 40 persen, yang membuat mayoritas penerima beasiswa adalah mahasiswa Fakultas Teknik.

“Nah, untuk skemanya sendiri memang tahun ini berubah, memang yang untuk sains itu sekitar 60 persen dan nonsains 40 persen. Jadi, memang mayoritas itu penerima beasiswa itu dari Fakultas Teknik, dimana penerima terbanyak dari Fakultas Teknik dengan jurusan Metalurgi,” ungkap Mira.

Berdasarkan hasil penetapan dalam upacara “POSCO Asia Fellowship Award Ceremony” disebutkan nama yang berhak menerima beasiswa di antaranya:

– Amalia Fitri/Manajemen
– Safira Mylina/Manajemen SDM
– Khairunnisa Damar/Ilmu Komunikasi
– Rinal Rukita/Pendidikan B.Inggris
– Alfian Fajri/Pendidikan B.Inggris
– Nurul Rifa/Pendidikan B.Inggris
– Muhammad Fadhil/Teknik Elektro
– Muhammad Eka/Teknik Elektro
– Berliana Tristati/Teknik Kimia
– Arya Dana/Teknik Metalurgi
– Revina Dea/Teknik Metalurgi
– Bintang Miraj/Teknik Metalurgi
– Regina Cahyani/Teknik Metalurgi
– Diar Meliani/Teknik Metalurgi
– Sulaeman Daniswara/Teknik Metalurgi

Tanggapan pun datang dari salah satu penerima beasiswa yakni, Alfian Fajri, yang merasa senang lolos menerima beasiswa dan merasa terhormat disambut jajaran atas Universitas dan Mitra.

“Seneng banget akhirnya bisa menjadi Awardee dari POSCO Asia Fellowship dan merasa terhormat sekali karena disambut hangat oleh pak rektor Untirta dan General Meneger POSCO inti Indonesia pada award ceremony ini,” tanggap Alfian.

Eko Supriyanto, S.Kom., M.M., M.Ak., Subkoordinator Program, Partnership, dan Administasi Pelita, berharap Komitmen mitra strategi menjadi lebih berkembang dan variatif serta penambahan jumlah penerima beasiswa di kesempatan selanjutnya.

“Berharap dari komitmen mitra strategis ini, tidak hanya lima belas penerima. Selain nilai, konten dan konsep, tidak hanya dalam bentuk fresh money tetapi juga anak-anak bisa exchange ke universitas-universitas Korea dan terlebih lagi harapannya kuota bertambah,” harap Eko kepada tim Humas Untirta.(Owe/HI/AAP/VDF)