Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Implementasi Kampus Merdeka, 29 Mahasiswa UPH Magang di BeritaSatu Media Holdings

Implementasi Kampus Merdeka, 29 Mahasiswa UPH Magang di BeritaSatu Media Holdings

Untuk memberikan pengalaman kuliah yang komprehensif bagi mahasiswa, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Mendikbudristek) telah mencanangkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM); salah satu dari program Kampus Merdeka. Dilansir dari Kemendikbud.go.id, Nadiem menyatakan program ini menjadi cara yang efektif untuk memastikan mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, terkini, dan terdepan dalam menghadapi dunia masa depan. Mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi ‘perenang handal’ ketika nantinya terjun di ‘lautan’ dunia. Sebagai bentuk dukungan dan implementasi program Kampus Merdeka, Universitas Pelita Harapan (UPH) telah bermitra dengan industri dari beragam bidang untuk memberikan peluang magang tepat sasar bagi para mahasiswa.

Salah satu mitra industri yang turut digandeng UPH adalah industri media yang memberikan kesempatan magang di beragam bidang pekerjaan, salah satunya di bidang jurnalistik. Oleh karena itu pada 12 September 2022, Prodi Pendidikan Jarak Jauh  Ilmu Komunikasi (PJJ Ilkom) telah meresmikan program kerja sama magang dengan salah satu mitra Industri media, yaitu BeritaSatu Media Holdings (BSMH). Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) telah dilakukan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPH, Dr. Naniek N. Setijadi, S.Pd., M.Si dan CEO BSMH, Rio Abdurrahman. Penandatangan juga disaksikan langsung oleh Komisaris Utama BSMH Enggartiasto Lukita dan Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH), Stephanie Riady, B.A., M.Ed., dan Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Prof. Ir. Nizam secara daring.

Selain penandatanganan PKS, kesempatan ini juga menjadi momentum untuk mengantarkan secara resmi 29 mahasiswa PJJ Ilkom UPH untuk melaksanakan program magang di BSMH selama satu semester.

Menyambut baik program ini, Stephanie Riady menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin. Stephanie menyatakan, “Kerja sama yang terjalin antara UPH dan BSMH telah dilakukan sejak 2019 sampai sekarang. Tentu saya sangat mengapresiasi bahwa UPH sebagai institusi pendidikan dapat mempererat kerja sama dengan industri media ternama yaitu BSMH. Dari kerja sama ini, UPH memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar sekaligus melakukan praktik kerja ilmu komunikasi yang diperoleh di kampus. Saya percaya kemitraan universitas dengan industri akan semakin meningkatkan kualitas sumber daya manusia.”

Lebih lanjut, Stephanie juga menekankan bahwa kerja sama ini menjadi bukti bahwa UPH merupakan lembaga pendidikan yang holistik. Artinya, mahasiswa tidak hanya dididik secara intelektual atau akademis, namun juga secara emosional dan sosial, sekaligus menyiapkan mereka untuk bekerja setelah lulus. Stephanie berharap agar UPH dan BSMH dapat terus bersinergi di masa mendatang untuk menghadirkan lebih banyak program yang bermanfaat.

Hal serupa disampaikan oleh Dr. Naniek Setijadi yang menyebutkan magang merupakan kesempatan besar bagi mahasiswa UPH untuk memperkaya wawasan serta belajar langsung dari para praktisi.

“Ini merupakan kesempatan istimewa yang akan didapatkan oleh mahasiswa PJJ Ilkom UPH karena mereka akan belajar langsung dari praktisi. Saya berharap, mahasiswa dapat mengikuti program magang ini dengan baik dan menyerap semua ilmu yang diajarkan oleh para bapak ibu pembimbing nanti,” katanya.

Rio Abdurrahman selaku CEO BSMH juga sangat mendukung penuh program MBKM melalui pemberian kesempatan bagi mahasiswa UPH untuk magang di BSMH.

“Melalui kerja sama ini kami senang karena dapat melaksanakan apa yang diprogramkan pemerintah dan dapat mendekatkan mahasiswa yang masih belajar dengan dunia industri. Program magang menjadi cara untuk menghasilkan lulusan yang siap berkarya dan tidak butuh waktu lama beradaptasi,” ungkap Rio.

Para mahasiswa UPH yang melaksanakan magang di BSMH akan dibimbing langsung oleh senior, jurnalis, dan redaktur dan ditempatkan di berbagai divisi seperti redaksi, reportase, dan lainnya. Hal ini dilakukan agar para mahasiswa bisa belajar dan melihat dari dekat seluruh kegiatan yang ada di industri media.

Salah satu mahasiswa PJJ Ilkom UPH yaitu Teguh Adiprasetyo turut menyampaikan antusiasme terkait kesempatan magang yang ia dapatkan di BSMH.

“Melalui kerja sama ini saya dan mahasiswa lain dapat langsung merasakan pengalaman magang yang berharga di salah satu industri media ternama di Indonesia. Pastinya, kami akan serius untuk mempelajari ilmu tentang dunia jurnalistik selama masa magang. Kami berharap, kesempatan ini bisa kami gunakan untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri kami,” tutur Teguh.

Melalui program magang ini, UPH berkomitmen untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang siap terjun di dunia profesional dan mampu beradaptasi dengan beragam tantangan yang ada. Dengan kurikulum dan beragam program, UPH fokus mengembangkan potensi yang dimiliki setiap mahasiswa agar mereka dapat mencapai prestasi terbaik sejak masa kuliah dan memberikan dampak nyata.

Program Studi PJJ Ilmu Komunikasi

Sebuah program studi yang dirancang eksklusif untuk memberikan pengetahuan dan wawasan keilmuan kepada peserta didik mengenai komunikasi terpadu. PJJ Ilkom UPH menghadirkan kurikulum pendidikan yang berkualitas, didukung dengan moodle sebagai sistem learning management system (LMS) yang sangat mudah diakses, dosen yang kompeten, dan waktu kuliah yang fleksibel. Dengan PJJ Ilkom, mahasiswa dapat kuliah di mana dan kapan saja. Bagi siswa-siswi kelas 12 yang memiliki minat untuk berprofesi di bidang komunikasi, UPH hadir memberikan pendidikan terbaik dan siap mendorong kamu menjadi ‘The Next Great Achiever’. Jadilah bagian dari UPH! Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultant di 0811-1709-901 atau dapat langsung mendaftar di sini.