Kamis, 06 Oktober 2022
Sekolah Menengah Pertama

Pelaksanaan PTS Semester Ganjil secara Semi-Online di SMP IT Masjid Syuhada Tahun Ajaran 2022/2023

Per tanggal 5 September 2022 lalu, SMP IT Masjid Syuhada melaksanakan PTS semester ganjil dengan model semi-online bagi siswa kelas 7-9. PTS semi-online ini dilaksanakan selama 4 hari dengan 3 jenis mapel yang diujikan setiap harinya.

Pelaksanaan PTS semi-online ini berbeda dengan PTS online. Pada PTS semi-online, para siswa mengerjakan PTS secara online di sekolah (tatap muka langsung). Untuk setiap ruang ujian, ada seorang pengawas yang mengawasi serta membantu siswa dalam urusan teknis pengerjaan PTS (membagikan link ujian, token soal, dan membantu mengatasi kendala perangkat saat ujian). Di ruang panitia, terdapat tim admin yang senantiasa stand by jika terjadi gangguan teknis dalam PTS semi-online ini.

Dalam PTS kali ini, para siswa diperkenankan memakai smartphone atau laptop masing-masing yang telah terkoneksi jaringan internet. Bagi siswa yang mengalami kendala atau tidak memiliki perangkat yang memadai, sekolah memfasilitasi sejumlah chromebook yang siap dipakai untuk ujian. Sebelum mulai mengerjakan PTS, para siswa wajib login terlebih dahulu ke akun Google mereka agar bisa mengakses soal.

Adapun smartphone yang dibawa para siswa hanya diperuntukkan selama pengerjaan PTS saja. Jika siswa telah selesai mengerjakan PTS, smartphone dikumpulkan di tempat pengumpulan yang telah disediakan di setiap ruang. Para siwa baru diperkenankan mengambil smartphone setelah mengikuti seluruh rangkaian PTS pada hari itu. Seusai PTS, para siswa diwajibkan mengikuti sholat Dzuhur berjamaah di Masjid Syuhada sebagai bentuk pembiasaan diniyah.[]