Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Filosofi Cakradaya dan Tiga Ikon Dasar pada Logo P2K FSBK UAD 2022

Filosofi Cakradaya dan Tiga Ikon Dasar pada Logo P2K FSBK UAD 2022

Logo Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Gambar: Istimewa)

Dalam rangka menyemarakkan Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) 2022, panitia P2K Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) UAD telah resmi merilis logo P2K FSBK pada Minggu, 21 Agustus 2022 melalui Instagram @p2k_fsbkuad. Pada tahun ini, mereka menggunakan tagline cakradaya dan mengusung tiga komponen atau ikon dasar dalam logonya.

Muhammad Daffa Ramadhan selaku Ketua P2K FSBK UAD menjelaskan tagline cakradaya merupakan perpaduan dari dua kata yaitu “cakrawala” berarti luas atau langit sehingga diibaratkan FSBK sebagai wadah untuk melakukan berbagai hal di dalamnya. Kata berikutnya adalah “budaya” yang diambil dari salah satu kata FSBK itu sendiri.

Kemudian, terdapat tiga komponen dasar pada logo P2K FSBK UAD. Pertama, bulan sabit melambangkan pembaruan, karena bulan sabit akan menampakkan sabitnya pada saat bulan baru. Dalam hal pembaruan, panitia mempresentasikan pada generasi UAD yang membawa ilmu dan latar belakang berbeda-beda di lingkup kampus.

Kedua, gunungan wayang yang diartikan sebagai kehidupan manusia. Memiliki bentuk yang lancip ke atas, ia melambangkan makin tinggi ilmu dan makin menua, maka manusia akan mengerucut dalam arti manunggal jiwa, rasa, cipta, karsa, dan karya. Dalam kehidupan, manusia juga makin dekat dengan Maha Pencipta. Pada elemen ini, panitia sekaligus memanfaatkan sebagai representasi dari literasi budaya.

Komponen ketiga yaitu daun pisang. Seperti diketahui, pohon pisang pantang mati sebelum berbuah, kecuali jika ditebang. Dari filosofi tersebut, panitia berharap agar para generasi baru UAD sebelum ajal menjemput, kehadirannya di dunia bisa memberi dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, serta selalu semangat dalam berbagai situasi dan kondisi. Daun pisang di sini juga representasi dari keberlangsungan ekosistem lingkungan berkenaan dengan konsep P2K UAD 2022 yaitu ekoliterasi.

Tidak cukup sampai di situ, pada logo P2K FSBK UAD terdapat pula tiga warna berbeda yaitu kuning jingga, ungu, dan hijau. Kuning jingga merupakan bentuk representasi dari warna almamater UAD, ungu adalah warna dari FSBK, dan warna hijau sebagai bentuk ekosistem lingkungan serta kesuburan senada konsep logo dari panitia pusat P2K UAD 2022. (guf)

uad.ac.id