Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Kesan Maba 2022: UAD Keren!

Kesan Maba 2022: UAD Keren!

Pembukaan Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Humas UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Rabu, 13 September 2022, sukses menyelenggarakan Opening Ceremony Program Pengenalan Kampus (P2K) 2022 yang digelar di Gedung Olahraga Among Raga. Agenda tersebut dibuka secara simbolis oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (Ketum PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si., Rektor UAD Dr. Muchlas M.T., dan Presiden Mahasiswa (Presma) Andar Adi Satria. Dilakukan pula penyematan jas almamater kepada empat perwakilan Dahlan dan Walidah Muda (sebutan bagi mahasiswa baru UAD).

Pada pembukaan tersebut, sebanyak 6.982 mahasiswa baru secara serentak berdiri seraya mengepalkan tangan kiri ke atas untuk mengucapkan sumpah mahasiswa dengan dikomando Presma UAD.

Dafina Ajrina, Walidah Muda yang berasal dari Fakultas Kedokteran mengungkapkan kebahagiaannya bisa mengikuti secara langsung pembukaan P2K ini. “Pembukaannya seru banget, terlebih kami mendapat banyak wejangan langsung dari para pembicara yang hebat dan berpengalaman,” ujarnya.

Kesan selanjutnya disampaikan oleh Dahlan Muda Fakultas Psikologi, Muhammad Fauzan, “Kegiatan ini bagi saya cukup bergairah ya. Dari beberapa penampilan dan serangkaian agenda tadi saya sebagai mahasiswa baru bisa mengenal lebih dekat kegiatan-kegiatan di UAD. Soalnya, sebelum masuk ke UAD, ekspektasi saya tentang UAD itu sama seperti kampus-kampus swasta pada umumnya. Setelah acara ini saya jadi tahu kalau UAD jauh lebih keren dari dugaan saya sebelumnya.”

“Selain mendapat ilmu umum, keunggulan UAD membuat mahasiswanya juga mendapat ilmu agama. Seperti yang disampaikan oleh Haedar bahwa manusia itu harus terus menuntut ilmu, baik itu ilmu umum dan ilmu agama harus berdampingan,” tambahnya.

Senada dengan itu, Mutia Mailana Abdilah, mahasiswa Program Studi Gizi menuturkan banyak hal positif yang didapat sebagai pelajaran seperti kekompakan, baik antarkelompok hingga fakultas. Banyak pula agenda yang memberikan motivasi.

Terakhir, saat ditanya rencana setelah perkuliahan dimulai, ia mengutarakan niatnya ingin meningkatkan kapasitas pribadi yang berguna dengan mengikuti organisasi dan kegiatan-kegiatan di UAD, terutama tentang ilmu gizi. (guf)

uad.ac.id