Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Geofisika Kembangkan Perangkat Lunak untuk Pantau Aset Unpad

Mahasiswa Geofisika Kembangkan Perangkat Lunak untuk Pantau Aset Unpad

[Kanal Media Unpad] Empat mahasiswa Program Studi Geofisika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran mengembangkan perangkat lunak (software) bernama “Jagawana Padjadjaran” berbasis portal web yang berfokus pada bidang penginderaan jauh untuk memantau aset lahan di lingkungan Unpad. 

Pembuatan dan pengembangan Jagawana Padjadjaran dilakukan oleh empat mahasiswa Geofisika Unpad angkatan 2019, yang terdiri dari Tubagus Nur Rahmat Putra, Rania Alifa Desenaldo, Catherine Andrea Lowis, dan Ahmad Wadi Muntashir dengan dosen pembimbing Dr. Irwan Ary Dharmawan.

Dalam keterangan kepada Kanal Media Unpad, Jagawana Padjadjaran merupakan software untuk pendataan dan monitoring aset lahan Unpad berbasis penginderaan jauh. Perangkat lunak ini dikemas secara ramah pakai untuk memudahkan para penggunanya. 

Beberapa fitur yang dapat digunakan, yaitu: perhitungan floor area ratio dan urban green space pada setiap kampus,  fitur perhitungan luas area berdasarkan poligon yang dibuat oleh pengguna, analisis Vertical Displacement, pemetaan potensi lahan serta beberapa indeks parameter fisis di semua aset yang dimiliki oleh Unpad. 

Secara visualisasi, software ini menampilkan beragam jenis peta beserta legendanya, fitur split panel untuk membandingkan dua peta yang berbeda, grafik dan tabel informasi. 

Lebih lanjut dijelaskan, perangkat lunak ini terintegrasi dengan aplikasi peta digital Google Maps untuk mengetahui lokasi kampus Unpad, Google Drive yang berisi peta-peta untuk kebutuhan pengolahan lanjutan, dan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) Sarpras Unpad. Jagawana Padjadjaran dapat diakses dari berbagai perangkat secara bebas melalui website di laman http://grid.unpad.ac.id/~jgp .

Ketua Program Studi Geofisika yang sekaligus sebagai dosen pembimbing Dr. Irwan Ary Dharmawan, menjelaskan, software ini berbasis penginderaan jauh yang merupakan metode paling murah untuk mendapatkan data di permukaan bumi menggunakan tangkapan dari citra satelit. 

“Platform yang digunakan untuk mengakses citra satelit salah satunya melalui Google Earth Engine yang membuat Jagawana Padjadjaran dapat menampilkan visualisasi citra satelit dengan resolusi tinggi. Perangkat lunak ini juga bekerja dalam sistem cloud computing dan memanfaatkan algoritma machine learning dalam melakukan visualisasi data,” papar Irwan.

Peroleh Apresiasi

Pada tanggal 8 September 2022 yang lalu, para mahasiswa tersebut berkesempatan memaparkan hasilnya di depan para pimpinan Unpad yang dihadiri  Wakil Rektor bidang Sumberdaya dan Keuangan  Prof. Ida Nurlinda, M.H.,  Direktur dan Sekretaris Direktorat Sarana, Prasarana, dan Manajemen Aset (DSPMA) Edward Henry, S.IP, MM dan Ika Komalasari, serta Direktur Perencanaan dan Sistem Informasi  Mutakin M.Si, Apt. Ph.D. 

Di akhir pemaparan, Prof. Ida mengapresiasi hasil karya mahasiswa karena dirasakan software yang dikembangkan canggih dan bermanfaat untuk Unpad. Sementara Edward menyampaikan bahwa software tersebut melebihi ekspektasi yang diinginkan oleh DSPMA itu sendiri. 

Lebih lanjut software ini sangat bermanfaat mengingat aset lahan Unpad yang begitu luas dan tersebar di lima kabupaten dan kota di Jawa Barat, sehingga pemantauan dapat dilakukan secara remote. Begitu pula dengan fitur yang ditawarkan akan memudahkan staf DSPMA untuk memanfaatkan software tersebut.   

Irwan menyampaikan bahwa pembuatan perangkat lunak ini merupakan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditawarkan oleh DSPMA kepada ProdiGeofisika. Dalam praktiknya, kegiatan ini dikonversikan dalam sejumlah SKS sebagai bentuk rekognisi dari pekerjaan yang mahasiswa lakukan. 

“Tak hanya itu, software ini juga telah memperoleh Surat Pencatatan Hak Cipta dari Direktur Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI untuk kategori jenis ciptaan program komputer (https://bit.ly/HKIjagawana) terhitung sejak tanggal 31 Mei 2022,” pungkasnya. (rilis)*