Minggu, 02 Oktober 2022
Sekolah Menengah Pertama

Akreditasi Perdana : MTs. Miftahul Ulum 2 Langsung Dapat Nilai A

Akreditasi Perdana : MTs. Miftahul Ulum 2 Langsung Dapat Nilai A

Rabu (14/09/22), adanya pesan di WhatsApp Group (WAG) madrasah berisi Penetapan Hasil DAkreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022 yang dibagikan oleh kepala madrasah sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai, sontak membuat riuh anggota WAG Madrasah. Pasalnya, surat bernomor : 224.2/BAN-S/M.35/TU/IX/2022 yang memuat lampiran satu set Penetapan Hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Timur Tahap II Tahun 2022 ini menunjukkan Hasil Akreditasi Unggul (A) yang didapatkan oleh MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang

Keriuhan di WAG Madrasah berlanjut saat guru-guru maupun staf memasuki kantor. Ada yang bertakbir dan bersujud membisikkan syukur Alhamdulillah; Ada yang berjabat penuh semangat dan merangkul saling mengucap selamat maupun berterimakasih; Bahkan ketika Ketua Tim Akreditasi Madrasah Amang Philips Dayeng P, S.Sos memasuki ruang kantor dibopong rekan-rekan selayaknya manager tim sepakbola memenangkan turnamen. Semua yang ada di ruang itu menampakkan raut wajah sumringah dan kelopak mata bagian bawah yang tak kuasa membendung derai air mata kebahagiaan.

Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Nomor: 224.2/BAN-S/M.35/TU/IX/2022 tertanggal 13 September 2022 tersebut ditandatangani oleh Prof. Dr. Ir. Syaad Pathmantara, M.Pd memuat hasil 1848 sekolah di berbagai jenjang di Jawa Timur. Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd.I memberikan pesan kepada semua guru dan staf dalam momen selebrasi singkat bahwa hasil akreditasi ini bukanlah tujuan utama kita mengabdi menjadi pendidik dan pelayan kependidikan, akreditasi adalah status kelayakan intrumen lembaga pendidikan untuk melayani masyarakat.

“Hasil akreditasi ini bukanlah tujuan utama kita mengabdi sebagai pendidik. Hasil ini merupakan pelecut manajemen lembaga pendidikan, guru, staf untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Semoga Allah SWT meridhoi segala upaya kebaikan yang kita kerjakan.” Pungkas kepala yang tiga tahun ini menahkodai MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid. “Selebrasi kita lanjutkan besok di FGD (Focus Group Discussion) dengan mendiskusikan program madrasah yang dalam waktu dekat ini akan diterapkan, sekarang monggo ustadz-ustadz bersiap mengisi KBM di kelas masing-masing” Tambahnya.

Meskipun selebrasi di kantor dihentikan karena kewajiban jadwal kegiatan belajar mengajar, dari pantauan Tim Redaksi Madrasah, beberapa anggota OSIM yang mengetahui perihal hasil akreditasi itu melakukan selebrasi kolektif di kelas-kelas dengan melantunkan shalawat Nabi, yang tentu saja menambah kebahagiaan. Berita menggembirakan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid yang sukses merengkuh Akreditasi Unggul ini pun didengar oleh kolega internal Yayasan PP. Miftahul Ulum maupun kolega di eksternal lembaga. Pesan WhatsApp berisi ucapan “Selamat dan Sukses” membanjiri WAG sebagai bentuk saling support memajukan dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Lumajang.

Suasana kebersamaan dan kolaborasi serta satu persepsi dalam koridor kependidikan di antara civitas madrasah maupun komunikasi yang terjalin hangat dengan semua stakeholder dan kolega rasa-rasanya merupakan kunci hasil akreditasi ini dapat maksimal. Mewakili civitas madrasah, kami merasa terhormat dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesi akreditasi pertama kali MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Salam Pendidikan.