Selasa, 27 September 2022
Sekolah Menengah Atas

SIAPKAN KADER PEMIMPIN HANDAL MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN LDKS OSIS MAN 1 GRESIK PERIODE 2022-2023

SIAPKAN KADER PEMIMPIN HANDAL
MAN 1 GRESIK SELENGGARAKAN LDKS OSIS MAN 1 GRESIK PERIODE 2022-2023

Pacet, guna memersiapkan kader pemimpi handal di masa depan, MAN 1 Gresik selenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau yang lebih dikenal dengas singkatan LDKS. LDKS adalah sebuah sarana pelatihan bagi para siswa untuk menggali dan menumbuhkan potensi kepemimpinan, kemandirian dan keteladanan anggota OSIS dengan membekali keilmuan di bidang keorganisasian guna mengembangkan sumberdaya siswa.

Tujuan dari LDKS yaitu untuk menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan siswa, mengetahui, mengerti dan bisa menjalankan fungsi-fungsi organisasi secara tepat. Selain itu, melalui pelaksanaa LDKS output yang diharapakan dapat melahirkan pribadi-pribadi berkarakter unggul yang bisa menjadi teladan bagi teman-temannya, menumbuhkan jiwa yang kooperatif kepada siswa agar mampu bekerja sama dengan sesama pengurus OSIS, Guru, Pegawai, dan masyarakat sekitarnya.

LDKS MAN 1 Gresik dilaksanakan selama 3 hari. tepatnya pada tanggal 18—20 September 2022 di Villa Panorama Pacet dengan jumlah peserta sebanyak 68 siswa. Pemilihan tempat pelaksaan LDKS juga bukan tanpa alasan, namun untuk membentuk jiwa pemimpin yang mampu survive dalam setiap keadaan. Pemilihan lokasi yang jauh dari madrasah diharapkan peserta LDKS mampu lebih fokus dalam menerima materi dan terbentuknya karakter yang kuat.

Bentuk kegiatan LDKS MAN 1 Gresik terdiri atas kegiatan indoor dan kegiatan outdoor. Agar dapat memberikan bekal kepada peserta LDKS, kegiatan ini diisi oleh pemateri dan trainer-trainer handal yang berpengalaman dibidangnya dengan berbagai materi yang relevan dengan perkembangan teknologi hari ini. Materi-materi yang didapatkan oleh peserta LDKS antara lain,

  1. Leadership dan Manajemen Kepemimpinan
  2. Potensi Diri dan Akhlakul Karimah
  3. Manajemen Konflik
  4. Evaluasi dan Motivasi
  5. Penyusunan Proposal dan Laporan Kegiatan
  6. Perencanaan dan Penyusunan Program Kerja
  7. ESQ
  8. Senam
  9. Fun Game Kekompakan dan Kerjasama Team
  10. Pentas Seni
  11. Implementasi Setelah Kegiatan

Dalam sambutan pada saat pembukaan kegiatan, Kepala MAN 1 Gresik Bapak Drs. H Muhari, M.Pd.I. mengucapkan selamat kepada siswa MAN 1 Gresik yang telah terpilih menjadi pengurus OSIS MAN 1 Gresik periode 2022—2023. Beliau berpesan kepada seluruh peserta agar menjadi pelajar yang mampu memimpin sertas mampu memberikan motivasi dan inspirasi kepada siswa MAN 1 Gresik lainnya. Bisa jadi pemimpin bangsa Indonesia di masa yang akan datang lahir dari pelatihan ini. Maka seraplah ilmu-ilmu yang diberikan oleh pemateri dan trainer-trainer dalam kegiatan LDKS ini yang insha Allah dapat menjadi bekal-bekal dasar dalam menjadi pemipin hari ini dan pemimpin di hari esok.