Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

P2K UAD Ajak Dahlan Muda Ramah Lingkungan

P2K UAD Ajak Dahlan Muda Ramah Lingkungan

Salah satu tempat sampah yang ada di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Farida)

Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2022 menjadi ajang mahasiswa baru untuk sadar tentang pemilahan sampah dan ramah lingkungan. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat P2K UAD “Dahlan Muda Merawat Bangsa dengan Literasi Ekologi Melalui Pemanfaatan Teknologi”.

Rendi Harsono selaku Ketua Panitia Pusat P2K menyampaikan, sampah selama P2K dipilah sesuai dengan jenisnya antara organik dengan anorganik. Sampah organik nantinya akan terurai dengan sendirinya dan dapat dijadikan sebagai kompos, sedangkan sampah anorganik akan didaur ulang menjadi barang yang bernilai.

“Setelah mahasiswa baru selesai makan, kami arahkan untuk membuang sampah sesuai dengan jenisnya dan dipilah terlebih dahulu. Kami bekerja sama dengan green campus community. Pemilahan sampah di setiap zona nantinya akan disatukan di Kampus IV UAD. Mobilisasi penjemputan dilakukan oleh teman-teman dari green campus community,” papar Rendi saat diwawancarai Rabu, (14-09-2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan program ramah lingkungan sengaja diciptakan sebagai sebuah langkah untuk memantik dan meningkatkan kesadaran Dahlan Muda akan cinta lingkungan. Salah satunya yaitu dengan pemilahan sampah, kemudian sampah anorganik yang bisa dijadikan barang bernilai akan diberikan kepada pendaur ulang atau green campus community, dan hasilnya akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Terakhir, Rendi berharap mahasiswa baru memiliki kesadaran untuk memilah sampah, mencintai lingkungan, dan kesadaran untuk mempersiapkan diri sebagai generasi yang cinta ekologi. (frd)

uad.ac.id