Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Dosen FBS Unimed Mengisi Pelatihan Keterampilan Berbahasa dan Bersastra di SD Swasta Kartini

Dosen FBS Unimed Mengisi Pelatihan Keterampilan Berbahasa dan Bersastra di SD Swasta Kartini

Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan yaitu Dr. Elly Prihasti Wuriyani, S.S., M.Pd., Hera Chairunisa, S.Sos., M.Si., Dr. Muharrina Harahap, S.S., M.Hum., dan Heny Anggreini, M.A. melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Sekolah Dasar Swasta Kartini, jalan Amaliun No. 157 Medan. Kegiatan ini bertema, “Pelatihan Keterampilan Berbahasa dan Bersastra sebagai Upaya Penguatan Literasi Bagi Guru-Guru SD Swasta Kartini”. Tujuan kegiatan ini adalah untuk penguatan literasi bagi guru-guru SD Swasta Kartini sehingga dapat mengajarkan siswa-siswi mereka mengenai keterampilan berbahasa dan bersastra secara optimal di kelas. Penguatan literasi memiliki peran penting dalam menyejahterakan kehidupan suatu bangsa. Anak-anak harus memiliki kemampuan berliterasi, bukan hanya tentang ‘bisa’ mendengar, berbicara, membaca, dan menulis, tetapi harus mampu memahami yang didengar, dibicarakan, dibaca, dan ditulis sehingga mampu berkreasi dan berkolaborasi untuk menghasilkan suatu produk literasi.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 16-17 September 2022. Hari pertama kegiatan adalah pemaparan materi, yang dimulai dari keterampilan membaca sastra diisi oleh Heny Anggreini, M.A., kemudian dilanjutkan oleh Dr. Muharrina Harahap, S.S., M.Hum., yang mengisi materi tentang menulis cerita mini, selanjutnya adalah Hera Chairunisa, S.Sos., M.Si., yang membawakan materi tentang pidato, dan terakhir diisi oleh Dr. Elly Prihasti Wuriyani, S.S., M.Pd., yang membawakan materi mengenai menilai berpikir tingkat tinggi.

Hari kedua kegiatan, guru-guru SD Swasta Kartini dilatih membaca puisi, menulis cerita mini, menulis dan membaca pidato di depan kelas, kemudian hasil kerja guru-guru dinilai dan dikumpulkan untuk dievaluasi. Guru-guru SD Swasta Kartini sangat bersemangat dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan pelatihan. Kepala sekolah SD Swasta Kartini yang juga ikut sebagai peserta pelatihan, Ibu Mailin Fauziah Nasution , S.Ag. berharap bahwa ke depannya SD Swasta Kartini dapat bekerjasama lagi dengan dosen-dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan, terutama dalam kegiatan pelatihan karena tidak hanya memberikan ilmu, pengetahuan, tetapi juga warna baru dalam berbahasa dan bersastra.(Humas Unimed)