Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Unpad Ikuti Pelatihan Pembuatan CV Berbasis ATS

Mahasiswa Unpad Ikuti Pelatihan Pembuatan CV Berbasis ATS

[Kanal Media Unpad] Pusat Pengembangan Karier (PPK) Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Kinobi menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae (CV) berbasis platform Applicant Tracking System (ATS). Kegiatan yang diikuti mahasiswa Unpad secara daring ini diselenggarakan pada Jumat (16/9/2022).

“Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi yang sangat baik dari Universitas Padjadjaran dengan Kinobi,” kata Kepala PPK Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum., saat membuka kegiatan.

Dosen yang akrab disapa Amel tersebut mengatakan, sejumlah mahasiswa sudah dapat mencoba fitur yang disediakan Kinobi, khususnya fitur pembuatan CV berbasis ATS dengan login menggunakan Paus Id. Kegiatan sosialisasi ini sendiri diikuti oleh mahasiswa Unpad dari seluruh angkatan dan Prodi.

“Kegiatan ini kami sosialisasikan untuk semua mahasiswa Unpad, semua angkatan dan semua Prodi,” kata Amel.

Amel berharap kerja sama Unpad dengan Kinobi dapat terus terjalin dan memberi manfaat besar bagi kedua institusi.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi mahasiswa. Ia menilai, sejumlah fitur yang disediakan Kinobi dapat memudahkan mahasiswa dalam pembuatan CV.

“Pembuatan CV ini memang sangat penting,” kata Boy.

Acara tersebut menghadirkan pembicara Business Development Associate Kinobi Satyananda Kusuma. Dalam paparannya Satya mengatakan bahwa CV atau resume seringkali dinilai hal kecil dan diremehkan. Padahal CV merupakan first impression bagi perekrut.

“Yang namanya first impression berarti hanya punya satu kesempatan untuk memberikan yang terbaik,” ujar Satya.

Satya mengatakan bahwa berbeda dengan beberapa tahun lalu, saat ini mahasiswa dapat dimudahkan dalam pembuatan CV dengan menggunakan resume tool atau resume builder yang ATS friendly, salah satunya dari Kinobi. “Kampus-kampus sekarang mulai ada termasuk Unpad, jadi teman-teman sekarang bisa menggunakan resume tool atau resume builder,” kata Satya. (arm)*