Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Kepala BNN RI dan Rektor Unram Launching Unram Bersih Narkoba

Kepala BNN RI dan Rektor Unram Launching Unram Bersih Narkoba

Mataram, Universitas Mataram – Gaungkan War On Drugs, Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Komisaris Jenderal Polisi Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, M.M., memberikan kuliah umum dengan tema “Unram Bersinar (Bersih Narkoba) Menuju Indonesia Bersinar Melalui Pendidikan Berkarakter Anti Narkoba”. Pada Jum’at, 16 September 2022 di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Universitas Mataram (Unram).

Dalam sambutannya Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agt,St.,Ph.D. menerangkan bahwa sebuah bangsa dibangun oleh para generasi muda yang dimiliki. “Jika ingin menghancurkan sebuah bangsa maka hancurkan generasi mudanya. Tentu kita semua tidak ingin hal ini terjadi, khususnya di Nusa Tenggara Barat, dan tentunya di Universitas Mataram” ungkap Prof. Bambang.

Prof. Bambang mengingatkan kepada seluruh mahasiswa yang memenuhi ruangan tersebut bahwa generasi muda lah yang akan meneruskan estafet perjalanan bangsa. “Maka dari itu semua generasi muda yang dicetak oleh Unram harus terbebas dari narkotika dan obat-obatan terlarang.”tegasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Guru Besar Fakultas Pertanian itu juga meminta kepada seluruh mahasiswa untuk berdiri serta mengucap janji untuk menjadikan kampus Unram bebas narkotika serta berjanji untuk tidak menggunakan, mengedarkan, dan memfasilitsi pengedaran narkotika. Hal tersebut menunjukkan komitmen Unram dalam menciptakan Kampus Bersinar. “Semoga kita semua bisa mewujudkan Indonesia bersih Narkotika” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BNN RI hadir didampingi Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto beserta 14 Jenderal ke Universitas Mataram dan para tim BNN RI. Pada kesempatan tersebut, Kepala BNN RI memperkenalkan para Bupati dan Walikota yang hadir kepada para mahasiswa, “Lihatlah para bupati dan walikota kita yang amat sangat mendukung dalam rangka pemberantasan penyalahgunaan narkotika di Nusa Tenggara Barat ini” ucapnya.

Pada Kuliah Umum tersebut Kepala BNN RI memaparkan terkait strategi BNN RI dalam perang melawan narkoba untuk mewujudkan Indonesia Bersinar. Antusias ratusan mahasiswa sangat luar biasa dalam Kuliah Umum tersebut. Mahasiswa secara aktif berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Kepala BNN RI. Memberikan pendidikan berkarakter anti narkoba bagi pelajar dan mahasiswa merupakan salah satu strategi BNN RI untuk mencegah peredaran gelap narkoba melalui pendekatan Soft Power Approach (pendekan secara lembut-red).

Dalam Kuliah Umum tersebut, hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda), Bupati serta Wali Kota se-NTB, Ketua DPRD Provinsi, Ketua DPRD Kota, Ketua DPRD Kabupaten maupun pejabat yang mewakili, Wakil Rektor, Dekan serta ketua Lembaga di Lingkungan Universitas Mataram.