Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

136 Atlet POMDA NTB Siap Berkompetisi di Unram

136 Atlet POMDA NTB Siap Berkompetisi di Unram

Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah Nusa Tenggara Barat (POMDA NTB) tahun 2022. Pembukaan POMDA NTB dilaksanakan pada hari Sabtu (17/8) di Auditorium M. Yusuf Abubakar, Unram.

Penyelenggaraan POMDA NTB diikuti oleh 128 atlet dari 8 cabang olahraga yang dilombakan, yang meliputi cabang olahraga atletik, bulu tangkis, karate, panjat tebing, pencak silat, tae kwon do, tarung derajat, dan tenis.

Dalam pembukaan POMDA NTB 2022 turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram, Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di lingkungan Unram, Ketua prodi di bawah Rektor, Kepala BAKP, dan pelatih di 14 Perguruan Tinggi Negeri di NTB.

POMDA NTB merupakan ajang penyelenggaraan pertandingan atau perlombaan olahraga secara multi event antarmahasiswa yang tergabung pada perguruan tinggi se-NTB. POMDA NTB merupakan momentum kebangkitan serta gairah pembinaan olahraga Provinsi NTB pada level mahasiswa. Keberlanjutan dari seleksi POMDA NTB adalah terpilihnya atlet mahasiswa yang berkualitas untuk menghadapi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang akan diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat pada Bulan November 2022.

“Setelah POMDA, para atlet juara akan berlaga di POMNAS, ASEAN University Games, dan terakhir yaitu Olimpic University. Semoga dengan diadakan POMDA juga mampu meningkatkan kemampuan dan prestasi mahasiswa dalam bidang olahraga, meningkatkan pengalaman kompetisi mahasiswa antarperguruan tinggi satu sama lain, menjadikan implementasi kebijakan Kampus Merdeka terutama kepada hak belajar tiga semester di luar program studi, dengan memberikan rekognisi kepada mahasiswa yang berkontribusi dalam POMNAS, ” ujar Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram.

Ketua BAPOMI juga turut menyampaikan bahwa dalam POMDA kali ini, diprioritaskan untuk bisa mengembangkan soft skills mahasiswa. Oleh karena itu, dalam rangka untuk mencapai prestasi yang baik diharapkan tidak hanya sekedar kegiatan lomba untuk mencari kemenangan, tetapi juga diharapkan mampu menumbuhkan kemampuan mahasiswa dari segala segi, khususnya bakat dan minat. “Dalam ajang lomba ini juga sebagai wahana untuk menumbuhkan jiwa kompetisi, mengembangkan kreativitas, melatih kejujuran dan sportivitas, memperluas jaringan, menambah pengalaman, menumbuhkan sikap pantang menyerah,” tuturnya.

“Selamat berkompetisi bagi 136 atlet dari 14 Perguruan Tinggi, dengan 8 cabang olahraga siap bertanding. Semoga apa yang menjadi harapan kita dapat tercapai dan apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat bagi kita semua dan BAPOMI,” pungkas Prof. Enny.