Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

PEMBEKALAN TERPADU MAHASISWA BARU (PTMB) FAKULTAS PSIKOLOGI 2022

PEMBEKALAN TERPADU MAHASISWA BARU (PTMB) FAKULTAS PSIKOLOGI 2022
Gambar 1. Pelaksanaan PTMB Fakultas Hari ke-1 (sesi perkenalan dekanat)
Gambar 2. Pelaksanaan PTMB Fakultas Hari ke-1 (sesi sharing alumni)

PTMB 2022 merupakan acara orientasi mahasiswa baru Universitas Katolik Soegijapranata. Acara PTMB 2022 ini kembali diadakan secara offline setelah terhalang pandemi COVID-19 selama dua tahun yang tentu akan menjadi tantangan bagi seluruh pihak yang terlibat untuk dapat mempersembahkan nilai yang terkandung pada universitas maupun fakultas. PTMB 2022 tahun ini mengangkat tema “Joyfull Learning,” di mana seorang mahasiswa baru akan dibekali semangat untuk bersukacita yang hidup kembali di tengah situasi global yang masih dibayangi pandemi COVID-19 ini.

Gambar 3. Pelaksanaan PTMB Fakultas Hari ke-2 (sesi PIA)

PTMB Fakultas Psikologi dilaksanakan selama 2 hari, dan 1 hari tambahan untuk PTMB  Award. PTMB Fakultas psikologi hari pertama diadakan pada hari Kamis, 1 September 2022 di Gedung Antonius. Kegiatan ini terdiri dari perkenalan dosen, tendik dan organisasi mahasiswa yang ada di Fakultas Psikologi. Setelah perkenalan dekanat, mahasiswa baru juga diperkenalkan alat tes psikologi yaitu Iron stick, Muller Lyer Ilusi, Kursi Barany, dan Reaction Time. Selain itu, juga ada sesi berbagi alumni dari alumni bidang Klinis dan PIO untuk menutup hari pertama. Kemudian pada hari kedua yang diadakan pada hari Jumat, 2 September 2022 di Gedung Antonius dibuka dengan perwalian masing-masing kelas mahasiswa baru, dilanjutkan dengan sesi PIA (Psychology In Action) yaitu sesi untuk mengenalkan UKM dan Center yang ada di Fakultas Psikologi yang diadakan di selasar kapel. Pada hari kedua ditutup dengan sesi Psikologi Satu dan bakar semangat, untuk mempersatukan mahasiswa baru Fakultas Psikologi dan berlatih yel-yel untuk PTMB Award.

Gambar 4. Pelaksanaan PTMB Fakultas Hari ke-2 (sesi Psikologi Satu)

Selanjutnya yang terakhir yaitu PTMB Award, yang dilaksanakan pada hari Sabtu,    3 September 2022 di halaman parkir Gedung Albertus. PTMB Award merupakan rangkaian acara PTMB Universitas yang bertujuan untuk melombakan yel-yel antarfakultas di Unika Soegijapranata. Pada tahun ini, Fakultas Psikologi mendapatkan juara 2 untuk lomba yel-yel antarfakultas.

 Gambar 5. Pelaksanaan PTMB Fakultas Hari ke-3 (PTMB Award)

Seluruh rangkaian acara dari PTMB Fakultas Psikologi 2022 dapat berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa acara seperti perkenalan dosen pun juga melibatkan dosen untuk mewujudkan acara ini. Tanpa bantuan dari Bapak/Ibu Dosen, seluruh civitas akademika Universitas Katolik Soegijapranta Semarang, dan seluruh rekan – rekan yang tidak dapat kami sebutkan secara satu persatu. Tanpa bantuan dari para pihak terkiat kami tidak dapat melaksanakan acara ini dengan baik dan lancar. (#Nabila Maharahma)