Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Ratusan Mahasiswa Baru FIS UNIMED Mengikuti Kuliah Umum Kepemimpinan

Ratusan Mahasiswa Baru FIS UNIMED Mengikuti Kuliah Umum Kepemimpinan

Ratusan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan mengikuti Kuliah Umum Kepemimpinan dengan mengangkat tema “Arah Baru Pendidikan dan Kepemimpinan Nasional dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Berkompeten Menghadapi Society 5.0”. Acara tersebut dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial secara luring di Aula Lt. IV Digital Library Unimed, pada Senin (19/9). Menghadirkan narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed), Jafaruddin Harahap, S.Pd., M.Si., (Ketua IKA Unimed/Anggota DPRD Sumut) dan Muhammad Suib, S.Pd., M.M. (Sekda Labuhan Batu Utara).

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dan diikuti juga oleh Wakil Rektor, Dekan FIS Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. berserta Wakil Dekan, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, Ketua MKU dan Dosen pengampu Mata Kuliah Kepemimpinan.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan “salah satu tujuan kegiatan ini adalah selaku akademisi di Unimed, kita dapat memberikan kontribusi yang konstruktif dalam memberikan arah baru Pendidikan dan Kepemimpinan Nasional, terutama dalam menghasilkan SDM yang Kompeten dalam menghadapi Era Society 5.0, sesuai dengan tema kegiatan kita. Kegiatan ini juga kita harapkan dapat menghasilkan rekomendasi dalam pengembangan arah baru kurikulum diinternal dalam menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing. Dan saat ini juga kita sedang mengembangankan kurikulum OBE yang orientasinya yakni, mempersiapkan lulusan yang bermutu dan kebutuhan dunia kerja. Di Unimed juga kita ada mata kuliah Kepemimpinan, yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa baru tingkat S1, S2 dan S3 pada semester I. Matakuliah ini juga memiliki harapan agar seluruh lulusan Unimed nantinya memiliki kompetensi dan skill untuk menjadi pemimpin masa depan di masyarakat.”

Dr. Syamsul Gultom mengapresiasi kegiatan Kuliah Umum Kepemimpinan yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial Unimed ini. “Tentu kegiatan ini memiliki harapan agar kita sebagai akademisi dapat ambil bagian dalam kemajuan pendidikan di Indonesia terutama di Sumatera Utara dan memberikan pencerahan kepada publik dalam bersikap dan menentukan pemimpin masa depan kita pada pemilihan umum DPR/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten Kota dan pemilihan presiden yang akan digelar tahun 2024. Pemilu besar ini akan kita gelar kurang lebih 1,5 Tahun lagi dari sekarang. Kita sebagai akademi dan ASN kan tidak boleh berpolitik praktis, namun kita harus berani dan melakukan berbagai gerakan dalam mencerdaskan masyarakat dalam memilih pemimpin nasional yang kompeten dan berkarakter.”

Di akhir sambutannya, Rektor berharap “melalui berbagai kegiatan ilmiah yang kita lakukan dikampus ini, termasuk kegiatan yang kita ikuti ini, bisa juga memberikan solusi bagi pemerintah kita dalam meningkatkan partisipasi pemilih seluruh masyarakat Indonesia untuk ambil bagian dalam pesta demokrasi 2024 yang akan datang. Hasil analisis International Institute for Democracy and Electoral Assistance USA, kita cukup prihatin, karena Negara Adidaya Amerika Serikat, pada pemilu tahun 2020 yang lalu untuk pertama kali dikategorikan sebagai negara yang demokrasinya sedang mundur. Sulit membayangkan upaya primitif seperti mempersulit warga negara melaksanakan hak pilihnya. Oleh karena itu, kita sebagai akademisi bisa juga melaksanakan berbagai penelitian, pengabdian dan kegiatan lainnya dalam memberikan pemahaman dan penguatan agar masyarakat umum dapat mengambil peran dalam pesta demokrasi di Indonesia, karena berhasil tidaknya pesta demokrasi nasional, akan berdampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.”

Dekan FIS Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. mengucapkan terimakasih atas kehadiran narasumber yang bersedia berbagi ilmu dan pengalaman mengenai kepemimpinan untuk mahasiswa semester I Fakultas Ilmu Sosial. Pada hari ini sebanyak 582 orang yang mengikuti kuliah umum. Antusias mahasiswa sangat meriah, karena semenjak pandemi kemarin, tahun ini baru kita buat kembali kuliah umum secara luring di gedung digilib yang kita banggakan ini. Pemateri yang kita hadirkan merupakan alumni IKIP Medan/ Universitas Negeri Medan dengan segudang prestasi dan juga kepemimpinannya. Semoga dengan Kuliah Umum Kepemimpinan dengan mengangkat tema “Arah Baru Pendidikan dan Kepemimpinan Nasional dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Berkompeten Menghadapi Society 5.0” Mahasiswa menjadi lebih aktif dalam berorganisasi, menambah pengalaman baru mengenai kepemimpinan dan menjadi lulusan yang siap berdaya saing menghadapi masa depannya. (Humas Unimed/eo)