Minggu, 02 Oktober 2022
Bimbingan Belajar

“HYBRID LEARNING”, Solusi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di SIT Al-Ittihad Pekanbaru

“HYBRID LEARNING”, Solusi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di SIT Al-Ittihad Pekanbaru

Pekanbaru (1/8) Meskipun Kemendikbud telah mengizinkan sekolah kembali menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Namun kebijakan  tidak menampik munculnya keluh kesah dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka baik dari peserta didik maupun orang tua. Tidak sedikit pihak merasa khawatir, jika tidak disiapkan secara baik, tatap muka pembelajaran di Januari 2021 berpotensi menjadi kluster baru penyebaran Covid-19.

Hybrid Learning pada saat pandemi dan ada siswa yang sakit

Salah satu solusi yang dilaksanakan oleh SIT YKPI Al-Ittihad Pekanbaru guna meredam kekhawatiran tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran tatap muka berbasis sistem hybrid learning. Hybrid Learning di SIT Al-Ittihad dirancang dengan sangat baik dan efektif untuk tetap memberikan pelayanan dan pembelajaran optimal bagi seluruh Peserta didik dalam masa pandemi ini.

Dengan pertimbangan arahan Pemerintah dan melihat angka pandemi Covid 19 yang sudah melandai, SIT Al-Ittihad segera mempersiapkan segala bentuk kebutuhan dan berkomitmen untuk melaksanakan pembelajaran Hybrid Learning sebagai salah satu upaya perbaikan pembelajaran, meminimalisir dampak psikologis , bahkan upaya untuk mengejar ketertinggalan akibat dari pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh yang berlangsung cukup lama.

Pemanfaatan Learning Management System Al-Ittihad

Pelaksanaan Hybrid learning yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Sekolah, maka program pembelajaran ini dirancang dengan mengoptimalkan penggunaan LMS Al-Ittihad dan juga penyediaan semua fasilitas pendukung pembelajaran yang dibutuhkan di setiap kelas di Sit Al-Ittihad Pekanbaru. Pelaksanaan Hybrid Learning ini juga dilakukan secara bertahap mulai dari kehadiran 30% ,  50 %, hingga saat ini  Hybrid Learning tetap dapat dilaksanakan walaupun dengan persentase jumlah kehadiran yang tidak berimbang.

Komitmen SIT YKPI Al-Ittihad, Seluruh Peserta Didik berhak mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang sama selama proses pembelajaran Hybrid dilaksanakan. Bahkan, Hybrid learning dapat mengoptimalkan komunikasi antar guru dan siswa, bahkan  pelaksanaan pembelajaran yang lebih efektif walaupun diikuti oleh peserta didik dari tempat yang berbeda. Dengan ini penanaman nilai-nilai pembelajaran berbasis Al-Quran Akhlak dan prestasi dapat dilaksanakan dengan optimal di seluruh aspek dan level pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.