Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Di Balik Layar Suksesnya P2K UAD Tahun 2022

Di Balik Layar Suksesnya P2K UAD Tahun 2022

Tim di balik layar Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2022 (Foto: Eka Marcella)

Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah selesai digelar. Dari mulai pra-P2K hingga P2K berlangsung, kegiatan tersebut berhasil memberikan kesan yang mendalam bagi mahasiswa baru. Khususnya pembukaan dan penutupan, yang sukses memukau para Dahlan Muda.

Tentu saja di balik suksesnya acara ini, terdapat faktor pendukung lain seperti kecakapan artistik untuk dapat menciptakan dan merancang konsep yang sedemikian rupa. Selain itu keahlian teknis agar dapat mengoperasikan penggunaan teknologi multimedia yang diperlukan untuk kelangsungan acara sehingga pesan yang terkandung dapat disampaikan dengan baik.

Kepala Stasiun Televisi Muhammadiyah (tvMu) Biro Yogyakarta, Asrul Saptono, S.T, M.M., berperan sebagai penyedia multimedia. Ia yang juga menjadi panitia acara sekaligus penghubung ke beberapa vendor untuk pengadaan panggung, rigging, barikade, sound system, videotron, hingga bintang tamu menyampaikan bahwa persiapan yang dilakukan berlangsung selama kurang lebih satu bulan.

“Persiapannya bisa dikatakan cepat, tidak terlalu lama, yaitu sekitar satu bulan kami mulai aktif berkoordinasi dengan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa). Terutama panitia acara yang di dalamnya ada Kepala Bidang Humas dan Protokoler sebagai koordinator kami.”

Ia juga mengungkapkan bahwa meskipun persiapannya terbilang singkat, tvMu berupaya untuk mempersiapkan keseluruhannya secara maksimal.

“Kami sudah terbiasa untuk menangani acara seperti ini, terutama untuk desain, layout, venue, venue dressing, artistik, dan lain-lain. Meski begitu, kami tetap mempersiapkan banyak elemen dengan sangat baik dan maksimal. Kami juga selalu diberi masukan oleh Bimawa dan Wakil Rektor V Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Jadi kami menerjemahkan konsep yang telah mereka usung dan membuatnya sehingga terciptalah P2K seperti sekarang ini.”

Selama produksi acara, tvMu juga didukung oleh Televisi Universitas Ahmad Dahlan (TV UAD) yang bertugas sebagai teknisi, switcherman, cameraman, floor director (FD), hingga unit manajer. Televisi UAD juga berperan dalam pengambilan after movie pada seluruh rangkaian acara yang berlangsung. (eka)

uad.ac.id