Kamis, 29 September 2022
Sekolah Menengah Atas

Supak Tahun Pelajaran 2022/ 2023 Supervisor Pengawas Balaidikmen Kabupaten Sleman

Supak  Tahun Pelajaran 2022/ 2023  Supervisor Pengawas Balaidikmen Kabupaten Sleman

[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.16″ global_colors_info=”{}”][et_pb_row _builder_version=”4.16″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat” global_colors_info=”{}”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.16″ custom_padding=”|||” global_colors_info=”{}” custom_padding__hover=”|||”][et_pb_text _builder_version=”4.18.0″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” sticky_enabled=”0″]

Supak Baldikmen Sleman;Senin , 19 September  2022 jam 08.30- 12.00.wib di SMA  Negeri 1 Cangkringan dilaksanakan Supervisi Akademik –supak- oleh Pengawas Balai Pendidikan Menengah Kabupaten  Sleman dipimpin oleh Sri Suryani,S.Pd..,M.Pd. sebagai pengawas manajerial SMA Negeri 1 Cangkringan. Supervisi akademik -supak –tersebut dilaksanakan oleh lima supervisor dari pengawas Baldikmen Kabupaten Sleman selain Sri Suryani,S.Pd.,M.Pd., hadir juga Heri Sujana,S.Pd., M.Pd., Mujiyono,S.Pd.,M.Hum., Agus Priyantoro,S.Pd.,M.Pd., serta Sukijo,S.Pd.,M.Pd..

Kegiatan supervisi akademik – supak-  diawali dengan briefing-koordinasi antara supervisor dengan Drs. M Warsun Latif selaku kepala sekolah di dampingi oleh waka kurikulum Yunan Helmi Subroto,M.Pd. Dalam koordinasi diputuskan untuk kegiatan supak  diambil 10  guru mapel untuk sampel yang di supervisi di kelasnya masing-masing,antara lain mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah, Olahraga, Biologi, PKn.

Teknisnya supervisor masuk ke kelas untuk menyupervisi sepuluh guru yang sedang melaksanakan KBM. Setelah diadakan supervisi di kelas dilanjutkan pembinaan serta evaluasi dari pengawas manajerial serta supervisor. Sri Suryani,S.Pd.,M.Pd. mengatakan tujuan dari kegiatan supak ini adalah merupakan ketugasan dari Baldikmen Kabupaten Sleman serta untuk peningkatan keprovesionalisme dalam mengajar di kelas.

Diharapkan setelah adanya supak, prestasi akademik semakin meningkat, kegiatan pembelajaran semakin baik, serta prestasi peserta didik juga semakin meningkat.” tambah Sri Suryani yang biasa dipanggil Bu SS. Disampaikan juga hasil dari supak baik kelebihannya maupun kekurangannya.

Kelebihannya guru dalam mengajar sangat berkompeten sangat menguasai materi dalam pembelajaran , dalam pembelajaran sudah sesuai dengan skenario pembelajaran,serta   telah menggunakan media pembelajaran secara  maksimal.

Ada kelebihan pasti dalam kegiatan pembelajaran juga ada kekurangannya yaitu guru masih aktif-dominan dalam pembelajaran, peserta didik kurang diberi kesempatan berliterasi, serta perlu ditambah pemahaman yang HOTS. Kesimpulan hasil kegiatan supak di SMA Negeri 1 Cangkringan kegiatan pemebelajaran dari sampel 10 guru mapel sudah berjalan sangat bagus.

Kegiatan pembelajaran bisa dikembangkan lagi semakin bagus, peserta didik semakin berprestasi.” tambahnya. Setelah adanya supak dari supervisor pengawas Baldikmen Sleman muncul harapan dari Yunan Helmi Subroto,M.Pd. selaku waka kurikulum untuk bapak/ibu guru agar bisa untuk evaluasi dan meningkatkan kompetensinya dalam mengajar.

Hasil supak ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi terutama bagi bapak/ ibu guru untuk meningkatkan kompetensinya baik kompetensi pedagogik maupun profesional.”ungkap Yunan. Kurikulum-Humas Smanca 2022

[/et_pb_text][et_pb_gallery gallery_ids=”232847,232849″ show_title_and_caption=”off” show_pagination=”off” _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][/et_pb_gallery][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]