Sabtu, 20 April 2024
Bimbingan Belajar

Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Asesmen Pembelajaran di SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah Padang

Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Asesmen Pembelajaran di SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah Padang

Padang, Ar Risalah – Dalam rangka penguatan pemahaman guru terkait Implementasi Kurikulum Merdeka, SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah mengadakan pelatihan tentang Asesmen Kurikulum Merdeka pada tanggal 19-20 September 2022 bertempat di Aula SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah Padang.

Pelatihan ini dibimbing oleh Bapak Iryasman, M.Pd salah seorang Widyaprada di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Propinsi Sumatera Barat. Diikuti oleh seluruh guru SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah baik yang mengajar VII maupun di kelas VIII dan IX.

Ustadz Syatri, S.E., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan agar kompetensi guru semakin meningkat salah satunya terkait dengan asesmen. Sebagai sekolah yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai Pelaksana Sekolah Penggerak Angkatan 2 maka diharapkan seluruh warga SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah harus bisa mendukung Implementasi Kurikukum Merdeka ini.

Selama dua hari kegiatan guru-guru dilatih dalam menyusun penilaian yang sesuai standar. Bermula dari pehamanan tentang CP, TP, ATP kemudian menyusun kisi-kisi sesuai CP, TP dan ATP tersebut di akhir tersusunlah soal yang dapat digunakan dalam penilaian terhadap siswa. Kemudian guru juga dibekali pemahaman tentang asesmen formatif dan sumatif.

Dari kegiatan ini dan kegiatan-kegiatan yang sebelumnya SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah berkomitmen untuk terus berusaha mengupgrade kompetensi para pendidiknya agar tujuan pendidikan nasional dan visi, misi serta tujuan sekolah tercapai dengan baik.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum Ustadzah Nice Murni, S.Pd berharap dengan adanya pelatihan asesmen pembelajaran ini guru semakin siapdalam melaksanakan implementasi kurikulum merdeka sehingga berbanding lurus terhadap mutu pendidikan. Lebih lanjut, Ustadzah Nice mengatakan bahwa melalui pelatihan asesmen ini diharapkan para guru dapat bersatu dan saling bahu membahu untuk mengimplementasi kurikulum merdeka.