Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

FIP UNIMED Laksanakan Kegiatan Workshop “Substansi Artikel, Marketing Jurnal dan Pendampingan Akreditasi”

FIP UNIMED Laksanakan Kegiatan Workshop “Substansi Artikel, Marketing Jurnal dan Pendampingan Akreditasi”

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan laksanakan kegiatan Workshop “Substansi Artikel, Marketing Jurnal Dan Pendampingan Akreditasi” yang dibuka oleh Dekan FIP Bapak Prof. Dr. Yusnadi, MS, Didampingi oleh Ibu WD1 Nani Barorah Nasution, S.Psi, M.A., Ph.D pada hari Senin 19 September 2022. Dekan FIP Unimed dalam kegiatan Substansi Artikel, Marketing dan Pendampingan akreditasi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah dilaksanakan oleh FIP Unimed dalam rangka percepatan Jurnal di lingkungan FIP UNIMED menuju Jurnal terakreditasi Sinta 2 dan Jurnal Internasional bereputasi. Beliau menjelaskan bahwa jurnal di lingkungan FIP Unimed sebanyak 12 Jurnal dimana 6 diantaranya sudah terkakreditasi SINTA 3, 4, dan 5. Rangkaian kegiatan jurnal ini dilakukan secara intens oleh tim Gugus Jurnal FIP yang dengan khusus dibentuk untuk membantu percepatan akreditasi Jurnal di lingkungan FIP. Dekan sangat mendukung penuh kegiatan jurnal ini juga dalam rangka mencapai Perjanjian Kinerja Dekan FIP terhadap Universitas Negeri Medan.

Wakil Dekan I FIP yang secara langsung membawahi tim Gugus Jurnal juga menyampaikan harapan besarnya terhadap peningkatan akreditasi jurnal di lingkungan FIP.  Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan dari Dekanat FIP dalam proses peningkatan akreditasi jurnal ini.

Peserta yang hadir pada acara workshop tersebut adalah para pengelolah jurnal di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan yang berasal dari prodi PGSD, PENMAS, BK dan PAUD. Sebagai narasumber adalah Bapak Dr. Agung Setia Batu Bara, S.Pi dari FMIPA Unimed yang memaparkan bagaimana substansi artikel dan penilainnya pada jurnal ilmiah yang akan diterbitkan, Narasumber kedua adalah Bapak M Takwin Machmud, S.Pd., M.Ed FIP dari FIP Unimed yang memaparkan bagaimana teknik marketing Jurnal, dan Narasumber ketiga adalah Bapak M. Taufik Rahmadi, M.Sc dari FIS Unimed yang memaparkan bagaimana pendampingan akreditasi jurnal menuju Sinta 2 .

Panitia pelaksana Kegiatan ini adalah Ibu Lala Jelita Ananda, S.Pd., M.Pd, dan kegiatan ini merupakan lanjutan rangkaian kegiatan Workshop Pengelolaan Junal Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Sebagai ketua panitia berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kemajuan kepengurusan jurnal di lingkungan FIP UNIMED.(Humas Unimed)