Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Dies Natalis 20 Tahun Program Studi Teknik Informatika Unika Soegijapranata

Dies Natalis 20 Tahun Program Studi Teknik Informatika Unika Soegijapranata

Pada tahun 2022, Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) Unika Soegijapranata memperingati Dies Natalis yang ke-20 tahun. Melalui usianya yang genap 20 tahun ini, TI Unika Soegijapranata mengusung tema “Together Chasing Dreams with Creativity” – “Bersama Kita Meraih Mimpi dengan Kreatifitas”. Kepala Prodi TI, Rosita Herawati S.T ., M.I.T., menjelaskan bahwa tema tersebut untuk mengingat kembali betapa pentingnya kekompakan guna mencapai kemajuan bersama.

“Melalui tema ini, seluruh Teknik Informatika, baik mahasiswa, tendik hingga dosen diharapkan tidak melupakan kekompakan dalam berkreatifitas, berdiskusi dan mengerjakan sesuatu bersama untuk memajukkan program studi,” jelasnya.

Bertransformasi sesuai dengan kemajuan dan dinamika zaman, khususnya pada bidang penelitian dan pengabdian serta kerjasama institusi, kata Rosita Herawati, hal tersebut yang menjadi perubahan di Prodi TI. “Dengan paradigma pendidikan baru Kampus Merdeka, dimana mahasiswa dapat memperkaya bidang ilmu dengan belajar seluas-luasnya, maka kerjasama dibangun oleh program studi Teknik Informatika, dengan cara membuka peluang lebih besar bagi mahasiswa untuk magang dan mempersiapkan diri lebih baik untuk masuk ke dunia kerja atau dunia industri.”

Sebelum pada puncak acara Dies Natalis, Prodi TI telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan terlebih dahulu bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI). Rangkaian kegiatan dimulai dengan SCxS (Short Course x Seminar)  pada (7 – 11 Februari 2022) yang merupakan Bootcamp Mini Series: Creative Developer. Mini series tersebut terdiri dari seminar “Arising Creative Developer” di hari pertama, Short Course Chapter 1 “Become Creative Developer“: Backend Flask di hari kedua dan ketiga, Short Course Chapter 2  “Become Creative Developer“: Frontend Flutter di hari keempat dan kelima. Kegiatan Bootcamp Mini ini yang berlangsung selama 5 hari bertujuan untuk melatih dan memfasilitasi hardskill yang tidak diajarkan di perkuliahan.

Kemudian, LOOP bertema “Be Creative and Joyful Experience” pada (11 Juni 2022). Acara ini merupakan gabungan lomba dan open house. Pesertanya meliputi para calon mahasiswa baru Teknik Informatika, yang bertujuan agar dapat meningkatkan kreativitas dalam berpikir dan berinovasi melalui lomba yang diselenggarakan.

Lalu melanjutkan kembali chapter SCxS, acara Short Course Chapter 3 bertema “Deep in Flutter” pada (18 Juli 2022) yang bertujuan agar para mahasiswa mendapatkan materi dan punya potensi tinggi bila nantinya digunakan di dunia kerja. Lalu, Open House TI pada (13 Agustus 2022) secara offline dengan tema “Creative is Fun“. Tujuannya untuk memperkenalkan mahasiswa-mahasiswi baru mengenai TI Unika Soegijapranata dan sebagai wadah pelatihan singkat tentang MIT-Inventor.

Selanjutnya, ada pula pengadaan seminar “Forensik Digital dalam Mendukung Upaya Penegakan Hukum di Direktorat Jenderal Pajak” pada (22 Agustus 2022). Alhasil, puncak acara (7 September 2022) lalu, Prodi TI ditutup dengan misa syukur bersama Romo Pras dan acara ramah-tamah serta games antara mahasiswa, tenaga pendidik (tendik), dan dosen di Pendopo Kapel Ignatius.

Dalam harapannya, Rosita Herawati, dengan bertambahnya usia Prodi TI dapat semakin berkembang khususnya di bidang AI, Big Data dan Artificial Intelligence. Serta mampu memberikan semua talenta yang dimiliki untuk kemajuan tanah air dan kemanusiaan.

“Maka di ulang tahun ini pula semakin banyak dosen yang studi lanjut. Para dosen juga dapat segera lulus dan segera mengurus jabatan akademik mereka. Dengan meningkatnya jumlah doktor dan jabatan akademik para dosen, nilai akreditasi Teknik Informatika dapat ditingkatkan,” tuturnya. (Dim)