Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Membaca Nyaring (Read Aloud), Bantu Tumbuhkan Minat Baca, Kemampuan Berbahasa, Plus Kembangkan Literasi

Membaca Nyaring (Read Aloud), Bantu Tumbuhkan Minat Baca, Kemampuan Berbahasa, Plus Kembangkan Literasi

Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, dengan membaca nyaring hubungan anak dengan orang tua akan semakin dekat dan dapat membangun pengetahuan yang dibutuhkan ketika membaca. Hal ini disampaikannya pada peringatan Hari Baca Nyaring Sedunia atau World Read Aloud Day (WRAD) pada Februari lalu.

Read aloud atau membaca nyaring merupakan salah satu metode yang dapat menumbuhkan minat baca pada anak. Dengan membaca nyaring, kegiatan ini juga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa sekaligus dapat mengembangkan literasi anak.

Kesadaran akan pentingnya kegiatan membaca nyaring ini, menggugah tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Indonesia (UI) untuk melaksanakan program dalam upaya meningkatkan minat literasi pada anak-anak di Kabupaten Buleleng, Bali (24-27 Agustus 2022). Pengmas ini diketuai Dr. Ahmad Fahrurodji, S.S., M.A., dosen Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI di dua lokasi, yaitu Perpustakaan Pelangi, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, dan SMP Negeri 4 Singaraja, Bali.

Sosialisasi metode membaca nyaring diberikan kepada orang tua dan guru PAUD serta SMA/MA yang berada di Desa Patas dan SMP Negeri 4 Singaraja. Diharapkan, metode tersebut dapat diterapkan untuk menanamkan kegemaran membaca bagi anak-anak di Kabupaten Buleleng. Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Nandha Julistya, S.Sos., M.Kesos., Tenaga Ahli Literasi Tingkat Nasional sekaligus anggota Tim Pengmas.

Selain sosialisasi, dilakukan kegiatan membaca bersama dengan metode tersebut kepada siswa-siswi SDN 3 Patas. Masing-masing siswa mendapatkan satu buku cerita bergambar.

Pengmas ini turut dihadiri mitra kolaborator dari perwakilan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, Pemerintah Kecamatan Gerokgak, Pemerintah Desa Patas, pengurus Perpustakaan Pelangi, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng, dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Gerokgak. Ida Bagus Baruna selaku perwakilan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, berharap tahun selanjutnya akan ada program lain yang berkaitan dengan peningkatan minat membaca. “Kami (Kabupaten Buleleng) bisa mendapat nama di pusat dalam peningkatan literasi masyarakat,” ujar Ida Bagus Baruna.

Program pengmas ini merupakan pelaksanaan Hibah Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (PPM UI) 2022. Kegiatan ini guna mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas dan ke-17, yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Melalui partisipasi mitra, seperti pemerintah setempat, pegiat literasi daerah, dan Pramuka diharapkan dapat mendukung keberlanjutan program tersebut.