Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Perkuat Kerja Sama Antar Universitas, Satellite Office UTM di UM Diresmikan

Perkuat Kerja Sama Antar Universitas, Satellite Office UTM di UM Diresmikan
image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) perkuat kerja sama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan membangun satellite office UTM di UM, yang berlokasi di Gedung Kuliah Bersama (GKB) A19 lantai 3. Peresmian program ini dilaksanakan di GKB A19, lantai 9 pada Jumat (09/09/22) dan dihadiri oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., Rektor UTM, Prof. Datuk. Dr. Ahmad Fauzi bin Ismail, serta para reviewer, serta para peneliti dari kedua universitas. 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Negaraku Malaysia. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Rektor UM yang menyampaikan  menyampaikan bahwa satellite office ini diibaratkan sebagai cabang UTM di UM, sama halnya dengan satellite office UM di UTM. Kantor ini memiliki fungsi untuk menginformasikan berbagai kegiatan antar kampus agar lebih mudah dikoordinasikan. “Hal ini kami lakukan sebagai wujud nyata bahwa kita sangat serius untuk menjalin kerja sama dengan UTM,” ujar Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd.

UM sendiri sudah lama menjalin kerja sama dengan UTM, salah satu kampus besar di Malaysia yang terus lakukan inovasi demi kesejahteraan masyarakat. Banyak program yang sudah dilakukan bersama sebelumnya, seperti pertukaran mahasiswa dan dosen. Kolaborasi terbaru ditunjukkan adanya 20 penelitian dosen UM dengan UTM yang sedang berjalan dan direncanakan akan menghasilkan produk. Produk tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat untuk mencapai tujuan bersama, yaitu kesejahteraan masyarakat antar negara.

Satellite office UTM secara simbolis dibuka dengan pemotongan pita oleh Rektor UM dan Wakil Rektor UTM. Prof. Rofi’uddin berikan potongan puncak tumpeng cenil kepada Prof. Ahmad sebagai simbol hubungan UM dengan UTM yang makin erat dengan adanya satellite office antar universitas.

Rektor UTM menjelaskan konsep satellite office ini mengambil ide perusahaan industri yang bangun kantor cabang di berbagai negara. Beliau menilai ini merupakan ide cemerlang jika dilakukan di bidang pendidikan dan diharapkan dapat menjadi inovasi baru di masa depan. “Jadi saya, Pak Rektor, dan teman-teman berpikir ke arah tersebut untuk kepentingan bangsa dan negara. Keinginan kami adalah untuk meningkatkan ekonomi sosial antar negara,” jelas beliau

Rektor UTM harapkan dengan adanya satellite office di antar universitas nantinya akan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru yang praktis sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Beliau berpendapat bahwa tugas dosen sebagai pendidik tidak hanya mengajar di dalam kelas, namun juga harus mengaplikasikan ilmu untuk masyarakat. 

“Dan dengan adanya satellite office ini, diharapkan produktivitas antar kampus juga akan lebih mantul (mantap betul),” pungkas Prof. Datuk. Dr. Ahmad Fauzi bin Ismail.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM