Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

AISTELL 2022 : Komitmen Hasilkan Kontribusi dalam Pengembangan Pendidikan Berbasis IT

AISTELL 2022 : Komitmen Hasilkan Kontribusi dalam Pengembangan Pendidikan Berbasis IT

Dalam rangka menghadapi dan menyahuti kasus studi yang semakin berkembang Fakultas Pascasarjana Unimed menyelenggarakan Seminar pendidikan, pengajaran dan pembelajaran 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL) dengan tema “Technology and Innovation in Educational Transformation” yang diselenggarakan secara daring dengan aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (20/09).

Seminar ini dibuka langsung oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., dan dihadiri juga para Wakil Rektor, Para Dekan dan Ketua Lembaga yang ada di lingkungan Unimed serta dihadiri peserta baik mahasiswa, akademisi, guru maupun peneliti. Dan telah mengumpulkan 230 artikel, beberapa di antaranya disajikan secara lisan dalam sesi paralel. Artikel-artikel tersebut akan ditinjau dan diterbitkan oleh proses Aliansi Eropa untuk Inovasi (EAI).

Pada Seminar Internasional ini mengundang narasumber yang ahli baik dari dalam negeri maupun luar negeri yakni Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Chairman of the Senate of Universitas Negeri Medan), Prof. Dr. Vishalache Balakrishnan (Director of Centre for Research in International and Comparative Education (CRICE) Faculty of Education, University Malaya), Dr. Hanna Teräs (Principal Lecturer (Digital Learning Environments) in Tampere University of Applied Sciences, Finland), Dr. Pearl Subban (Director of Graduate Programs, School of Curriculum Teaching and Inclusive Education, Monash University, Australia) dan Peter Charles Taylor (PhD, MEd, DipEd, BSc) (Director, International Transformative Education & Research Network (ITERN), Murdoch University, Australia.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, menyampaikan apresiasi pada sambutannya, “Melalui sambutan ini, kami sebagai pimpinan ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bpk Direktur Pascasarjana Unimed dan seluruh panitia, karena telah menggagas seminar internasional yang sangat baik ini, dan Seminar Internasional yang kita ikuti ini merupakan yang ke-7 kalinya, artinya setiap tahun tetap digelar secara rutin oleh Pascasarjana Unimed. Tentunya Bapak Direktur Pascasarjana dan para panitia telah merancang kegiatan ini dengan maksimal dan lebih inovatif dari pelaksanaan tahun sebelumnya”.

“Kita berharap kepada seluruh peserta seminar, terutama seluruh civitas
Universitas Negeri Medan, agar semakin konsen dan berkomitmen dalam menghasilkan berbagai karya inovatif dalam bidang desain pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi terbaru, sehingga karya dosen-dosen Unimed bisa berkontribusi dalam pengembangan pendidikan berbasis IT. Sesuai tema kegiatan kita Technology and Innovation in Educational Transformational. Selain itu kegiatan kita ini juga dapat mendorong para dosen untuk memenangkan hibah penelitian dan pengabdian secara nasional dan berhasil mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal dan prosiding internasional bereputasi”. Lanjut Rektor.

Prof. Syawal Gultom pada paparannya menyampaikan tentang menyikapi tantangan dalam menyiapkan para pendidik dimasa depan, “Untuk memenuhi tantangan abad ke-21, siswa perlu diberdayakan dan merasa bahwa mereka dapat bercita-cita untuk membantu dengan kata lain kesejahteraan dan keberlanjutan untuk diri mereka sendiri, untuk orang lain, dan untuk planet ini dapat dicapai. Oleh karena itu kita harus menyiapkan para lulusan pendidik yang siap untuk mentransformasi diri baik itu dalam wawasan dan outcome. Transformasi ini dimulai dengan tranformative competencies dimana yang dibutuhkan siswa untuk berkontribusi pada dunia kita dan membentuk masa depan yang lebih baik menciptakan nilai baru, mendamaikan ketegangan dan dilema, dan mengambil tanggung jawab”. (Humas Unimed/bg).