Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Mahahasiswi Prodi HES Fasya Unisba Raih Juara I Ghina ‘Arobi di Ajang Suakarabic Fest V

Mahahasiswi Prodi HES Fasya Unisba Raih Juara I Ghina ‘Arobi di Ajang Suakarabic Fest V

KOMHUMAS-Mahasiswi Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah (Prodi Fasya) Unisba angkatan 2019, Nur Alvi Maulidi, meraih juara I Ghina ‘Arobi di ajang Sunan Kalijaga Arabic Festival (Sukarabic Fest) V 2022 tingkat Asia Tenggara yang  dilaksanakan di kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Kamis-Minggu (15-18/09/2022).

Alvi berhasil meraih juara I setelah berhasil megalahkan peserta lainnya yang berasal dari berbagai universitas dari Indonesia dan Malaysia.

Menurutnya, ajang ini sudah kedua kalinya ia ikuti untuk mewakili Unisba. “Lomba pertama di Universitas Muhamadiyah Malang, tapi tidak mendapatkan juara karena pelafalan bahasa arab saya kurang fasih. Alhamdulillah di lomba kedua ini bisa mendapatkan juara 1,” ujarnya.

Ia mengaku mengalami tantangan saat mengikuti lomba ini yakni harus bisa lebih memahami lagu dan belajar bahasa arab karena basic nya bukan dari pesantren. “Saya hanya belajar bahasa Arab pada saat semester 1 dan 2 saja karena ada mata kuliahnya.  Alhamdulillah bisa diatasi,” ungkapnya.

Harapannya setelah meraih kejuaraan ini, kedepan dapat lebih banyak mengikuti perlombaan khususnya di luar Jawa Barat. “Karena ada kebanggaan tersendiri bagi saya membawa nama baik Unisba ke luar Jawa Barat bahkan nasional. Juga bisa menggali lebih banyak potensi dan tidak menyia-nyiakan sisa waktu saya sebelum lulus dari Unisba,” ujarnya.

Suakarabic Fest V ini merupakan perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan mengusung tema “Kemilau Harmoni Sahara di Bawah Langit Khatulistiwa”.

Selain Ghina ‘Arobi, kegiatan ini juga memperlombakan yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa Arab lainnya seperti Kaligrafi, Qiroatu As-Syi’ri, Debat Bahasa Arab , Taqdimul Qishoh, Essai Bahasa Arab, Musabaqoh Qiroatil Kutub, Khithobah, dan Hadrah. ***