Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

SUARA DEMOKRASI : Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS Periode 2022/ 2023

SUARA DEMOKRASI : Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS Periode 2022/ 2023

Pemilihan Ketua dan Wakil ketua OSIS periode 2022-2023 baru saja selesai di gelar Selasa (20/09/2022) bertempat dilingkungan SMA Negeri 1 Ngluwar. Sebelumnya, ketua OSIS telah melakukan serangkaian kegiatan yang berhubungan pemilihan paslon dimulai dari rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan wakasis, pembentukan panitia pemilihan OSIS, menyusun program, mengadakan rapat panitia yang telah terbentuk, membuka pendaftaran balon ketua dan wakil ketua OSIS, mengadakan seleksi ujian tulis dan wawancara balon. Selanjutnya, aktivitas yang dilakukan yaitu menetapkan bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS dan publikasi. Selain itu, ada aktivitas Paslon yang harus dilakukan sebelum pemilihan seperti kampanye pasangan calon, persiapan mengikuti pemilihan, mengadakan pemilihan (Pencoblosan) dan mendengar hasil perhitungan suara. Dalam kampanyenya, para kandidat harus menyampaikan visi misi jika nantinya terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS yang dilaksanakan secara terbuka. Semua peserta didik dan pendidik dapat melihat dan mendengarkan langsung penyampaian visi misi paslon dan dapat mengajukan pertanyaan perihal visi dan misi yang mereka sampaikan. Adapun Paslon yang mengikuti kompetisi ini berasal dari kelas XI dan X yaitu Paslon 1 Rifqi Yudha A dan Wanda Zahra I, Paslon 2 Lina Fadhilah N dan Akram Hisyam I dan Paslon 3 Afroha Rima P dan M. Ridjal,

Pelaksanaan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode ini tergolong lain dari pemilihan yang sebelumnya, dimana dalam pemilihan tahun ini di desain sedemikian rupa layaknya PEMILU Presiden dan Wakil Presiden, Peserta didik pun begitu antusias dalam menjalani prosesi dan pelaksanaan hingga hari ini. Menanamkan kedisiplinan, kreatifitas, kejujuran, dan gotong royong sangat di tanamkan dalam hal ini, begitu pun yang di sampaikan ketua panitia sekaligus Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan, M. Naziluddin H, S.Ag. Beliau menyampaikan ” Tahun ini sekolah kita mengikuti Program Sekolah Penggerak, dan dalam satu tahun ada tiga tema proyek yang harus diselesaikan, salah satunya Proyek Pelajar Pancasila Tema Suara Demokrasi. Jadi pada kegiatan pemilihan OSIS tahun ini kami mengadakan pemilihan selayaknya PEMILU besar seperti pemilihan presiden dan wakilnya. Hal tersebut kami lakukan sebagai upaya awal memberi pemahaman kepada peserta didik bahwa memberi hak pilih dalam pemungutan suara itu perlu dan penting karena itu adalah hak semua warga negara. Jadi peserta didik dibekali sikap toleransi yang tinggi, tengggang rasa, saling menghargai, mereka dapat memilih kandidat sesuai hati nurani mereka masing-masing tanpa ada paksaan dari siapa pun.

 

Berdasarkan hasil pemungutan suara, kemenangan diraih oleh Paslon nomor urut 1 atas nama Rifqi Yudha A dan Wanda Zahra I dengan perolehan suara 539 suara yang di susul Paslon nomor urut 02 dengan perolehan 175 suara, dan paslon nomor 03 dengan perolehan 112 suara. Inilah suara demokrasi yang telah ditanamkan pada peserta didik, sehingga dapat menjadi pelajar yang kreatif, berkarakter, berbudi pekerti dan berwawasan kebhinekaan global.

Semoga dengan terpilihkan kandidat nomor urut 01, Visi Misi yang direncanakan dapat tersealisasi dan membawa perubahan nyata bagi SMAN 1 Ngluwar tercinta.

 

GALERI KEGIATAN