Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

KKN UAD Dorong Warga Kembangkan Bisnis Produk dan Jasa Halal

KKN UAD Dorong Warga Kembangkan Bisnis Produk dan Jasa Halal

Peserta Workshop Tantangan dan Peluang Bisnis Produk dan Jasa Halal oleh KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 96 Tahun 2022 menggelar acara bertajuk “Workshop Peluang dan Tantangan Bisnis Produk dan Jasa Halal Domestik dan Ekspor” di Kalurahan Palbapang, Bantul. Bertempat di Aula Kalurahan setempat, kegiatan digelar selama dua hari pada 27‒28 Agustus 2022.

Dengan dibantu oleh Dr. Abdul Choliq Hidayat, M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), tim mahasiswa menggagas kegiatan tersebut atas dasar belum maksimalnya pemanfaatan potensi yang dimiliki oleh para pemuda anggota karang taruna Palbapang. Sekaligus bertindak sebagai pemateri, Abdul juga menjelaskan tentang berbagai program dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang bisa diikuti oleh warga dalam bidang ekonomi kreatif.

Lurah Palbapang Sukirman, S.H., dalam sambutannya mengaku bahwa workshop ini membuat dirinya tergugah untuk mengupayakan secara maksimal gerakan pemuda bangkit menjadi wirausahawan di Palbapang. “Kegiatan ini perlu ditindaklanjuti sampai benar-benar terbentuk wirausahawan muda untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship selain menjadi petani,” terang Sukirman. Ia juga menekankan bahwa dana desa siap dianggarkan untuk mendukung pengembangan masa depan warga Palbapang.

Selain Abdul Choliq, workshop juga menghadirkan narasumber lain yang berkompeten di bidangnya untuk memberikan materi yang komprehensif. Beberapa di antaranya adalah Tri Harso Wibowo, Heru Heryawan, dan perwakilan dari Halal Center UIN Sunan Kalijaga. Mereka berkomitmen untuk siap membantu Kalurahan Palbapang dalam membina dan mendampingi pemudanya untuk terus melakukan kegiatan serupa. (tsa)

uad.ac.id