Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Dosen dan Mahasiswa Unila Kembangkan Aplikasi Akuntansi untuk UMKM

Dosen dan Mahasiswa Unila Kembangkan Aplikasi Akuntansi untuk UMKM
(Unila): Dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung (Unila) kolaborasi penelitian dengan menciptakan aplikasi akuntansi bagi UMKM. Tim peneliti menyerahkan produk inovasi kepada salah satu UMKM di Natar, Lampung Selatan, Selasa, 20 September 2022.
Produk penelitian yang diberi nama sigerway.id lahir untuk memberi solusi bagi UMKM yang selama ini kesulitan menyusun laporan keuangan. Tim peneliti menyuguhkan aplikasi sigerway.id beserta mesin cetak bukti transaksi secara gratis kepada beberapa UMKM di Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, dan Lampung Timur.
Ketua tim peneliti Albet Maydiantoro mengatakan, penelitian yang melibatkan dosen dan beberapa mahasiswa pendidikan ekonomi ini bekerja sama dengan pendamping UMKM dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Aan Hendridunan Maheda.
Pengadaan aplikasi sigerway.id bertujuan untuk membantu UMKM dalam pencatatan transaksi dan laporan keuangan. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada LPPM Unila yang telah mendukung penelitian ini.
“Kami berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi UMKM di Provinsi Lampung dan UMKM di Indonesia,” ujar Albet didampingi anggota Widya Hestiningtyas, dan sepuluh mahasiswa yang tergabung dalam Penelitian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Produk inovasi ini juga mendapatkan respons positif dari pelaku UMKM. “Kami sangat senang dan berterima kasih kepada tim peneliti Unila atas hibah aplikasi dan mesin cetak bukti transaksi ini. Kami berharap, aplikasi ini semakin mempermudah pencatatan keuangan usaha kami,” tutur Yusmala Dewi selaku Ketua Komunitas UMKM Central 19 Natar. [Humas/Rilis]