Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Gandeng UMKM Kubu Raya, LP3M Untan Selenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing

Gandeng UMKM Kubu Raya, LP3M Untan Selenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing

Pontianak – Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Tanjungpura (LP3M Untan) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi pelaku Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kubu Raya pada Rabu, 21 September 2022. Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Laboratorium Terpadu Untan dan dihadiri puluhan peserta kegiatan yang berasal dari pelaku UMKM dan pendamping di kabupaten Kubu Raya.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Kubu Raya Norasari Arani menyampaikan apresiasinya kepada pihak LP3M Untan yang telah menggandeng Pelaku UMKM di Kabupaten Kubu Raya dalam upaya untuk peningkatan dan pembentukan kapasitas (capacity building). Ia mengatakan bahwa sudah ada ribuan UMKM di Kabupaten Kubu Raya yang telah terdaftar secara resmi di Dinasnya.

Dilain sisi, Ketua LP3M Untan Sulistyarini yang hadir pada kegiatan ini juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terbangun antara pihaknya dan Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindag Kubu Raya. Rini mengungkapkan bahwa sudah memang bagian dari tugas pihaknya untuk mengabdi ke masyarakat, selain mengajar dan meneliti, yang merupakan satu kesatuan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Muhammad Azhar Irwansyah selaku ketua kegiatan Pelatihan pada hari ini menambahkan, dirinya sangat senang bisa bekerja sama dan menggandeng Pelaku UMKM di Kabupaten Kubu Raya. Ia berharap dengan adanya pelatihan ini, para pelaku UMKM di kabupaten Kubu Raya bisa meningkat kapasitas dan kualitasnya, sehingga bisa lebih berdaya saing baik di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional.

Pelatihan ini sendiri berlangsung kurang lebih satu hari penuh, dengan beberapa penyampaian materi seperti pengantar digital marketing, pemanfataan internet dan google sebagai media marketing, dan lainnya. Tidak hanya menerima berbagai materi, tetapi peserta juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung seperti pembuatan email bisnis google, membuat dan mengisi konten di website UMKM, hingga teknik copywriting dan editing video.

Penulis: Rezqy Septy Yoza, S.I.Kom