Selasa, 27 September 2022
Sekolah Menengah Atas

MPLS Tahun Ajar 2022/2023

Tahun ajaran baru sudah di depan mata. Peserta didik baru telah bersiap mengikuti pembelajaran di Sekolah Menengah Atas sebagai siswa SMA.
Untuk itu, pihak sekolah berkewajiban menyambut dan membantu peserta didik baru untuk beradaptasi di lingkungan sekolah melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016.
Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 1 Kadipaten dilakukan selama 3 hari (18-20 Juli 2022) pada minggu pertama awal tahun pelajaran, di hari sekolah dan di jam pelajaran.
Kegiatan MPLS sendiri memiliki beberapa tujuan yaitu mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya, serta menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.