Jumat, 30 September 2022
Sekolah Menengah Atas

Rapat Awal Tahun Pelajaran 2022/2023 bersama Orang Tua/Wali Peserta didik SMAN 8 Kepulauan Tanimbar

Kamis, 15 September 2022 bertempat di ruang Aula SMAN 8 Kepulauan Tanimbar berlangsung kegiatan Rapat Awal Tahun Pelajaran 2022/2023 bersama orang tua/wali peserta didik dan komite sekolah terpilih. Kegiatan rapat yang merupakan program rutin sekolah di awal tahun pelajaran itu dikemas menjadi dua sesi pertemuan. Sesi I dimulai Jam 10.00 – 13.00 Wit secara khusus untuk orang tua/wali yang anaknya berada pada kelas XI (Sebelas) dan XII (Dua Belas). Sedangkan pada Sesi II dimulai Jam 14.00 – 16.30 Wit khusus untuk kelas X (Sepuluh). Pertemuan tersebut dilakukan dalam dua sesi mengingat kondisi ruang Aula yang tidak mampu menampung orang tua/wali peserta didik yang berjumlah 586 orang.

Dalam pengantarnya Ibu Henderika P.Pattian,S.Pd.,M.Si kepala SMA N 8 Kepulauan Tanimbar kepada Bapak/Ibu Orang Tua/Wali menuturkan bahwa seharusnya rapat awal tahun pelajaran bersama orang tua/wali peserta didik sudah kita lakukan di bulan Agustus hanya karena kita disibukan dengan berbagai kegiatan yang tak dapat ditinggalkan begitu saja, sehingga dari pihak sekolah harus mencari moment yang tepat untuk kita melakukan pertemuan bersama orang tua/wali peserta didik. Beliau mengajak orang tua/wali untuk sering-sering mengungjungi dan membaca segala bentuk informasi terkai kegiatan sekolah yang dimuat dalam akun Face Book, Instagram, Youtube dan Website SMAN 8 Kepulauan Tanimbar.

Selanjutnya, ibu Pattian menjelaskan profil sekolah terkait visi, misi dan tujuan sekolah serta memperkenalkan dewan guru dan pegawai kepada orang tua/wali peserta didik serta ketua komite sekolah dan badan pengurus terpilih untuk dikenal oleh orang tua. Hal itu dilakukan dengan maksud agar saling mengenal satu dengan yang lainnya.

Substansi materi yang menjadi poin penting dalam kegiatan rapat dengar pendapat bersama orang tua/wali peserta didik kelas X, XI dan XII adalah terkait pelaksanaan proses belajar mengajar di tahun pelajaran 2022/2023 dan pembiayaannya termasuk besaran Iuran komite, tanggungan kursi per peserta didik dan juga pengimplementasian kurikulum merdeka belajar bagi kelas X (sepuluh), sementara untuk kelas XI dan XII tetap menggunakan kurikulum 2013.

Antusias dan dukungan bapak/ibu orang tua/wali peserta didik dalam mengikuti penjelasan Ibu Kepala Sekolah terkait perkembangan Pendidikan serta pembiayaan termasuk presentasi penggunaan dana bos dan dana-dana lain yang masuk dalam rekening sekolah dan dikelolah oleh Lembaga SMAN 8 Kepulauan Tanimbar termasuk penggunaan Iuran komite Rp.30.000,00 per peserta didik dan tanggungan kursi seharga Rp.60.000,00 dapat disambut baik oleh Bapak dan ibu orang tua/wali.

Menurut Ibu Haluruk apapun yang telah disepakati bersama pengurus komite dan dinilai baik kami selaku orang tua pasti kami mendukung demi kelangsung proses Pendidikan yang bermutu hal senada disampaikan oleh bapak Samangun menurut beliau, kita menyadari bahwa Pendidikan itu mahal dan saya percaya serta bapak/ibu orang tua yang ada juga percaya bahwa apa yang telah diprogramkan pihak sekolah itu baik dan kita pasti menyetujuhinya.

Tanggapan dari bapak/ibu orang tua yang lain adalah mereka pada umumnya berharap putera-puterinya dapat mengenyam Pendidikan di SMAN 8 Kepulauan Tanimbar ini dengan baik. Jika ada anak yang bolos dan nakal harap diperhatikan dan dibina barangkali dengan car aitu anak-anak itu lebih mengenal identitas dirinya ungkap bapak Utuwaly.

Dari awal rapat proses pelaksanaan sampai pada akhir rapat tersebut sama sekali tidak ditemukan sesuatu halangan atau hambatan yang signifikan ketika dengar pendapat bersama bapak/ibu orang tua/wali, komite sekolah, dewan guru dan pegawai semuanya bersinergi dalam menyukseskan kegiatan rapat tersebut, berharap semoga kedepannya SMAN 8 Kepulauan Tanimbar semakin jaya dalam segala tantangan. redhumas